PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP REVISIT INTENTION DENGAN TOURIST SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KEBUN STRAWBERRY DZJIKHO ALAHAN PANJANG
Keywords:
Destination Image, Experiential Marketing, Tourist Satisfaction dan Revisit Intention.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh destination image dan experiential marketing terhadap revisit intention dengan tourist satisfaction sebagai variabel mediasi pada kebun strawberry Dzjikho Alahan Panjang. Teori yang digunakan yaitu Theory of Planned Behavior (TPB) dari Ajzen (1967) dan Stewardship Theory dari Donaldson dan Davis (1991). Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke kebun strawberry Dzjikho Alahan Panjang satu kali atau lebih yang berjumlah sebanyak 100 responden berdasarkan rumus Cochran. Metode analisa dalam data ini menggunakan aplikasi smartPLS. Selanjtunya hasil hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan dengan menggunakan metode analisis meliputi: Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, R Square dan Structural Model Assesment. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa destination image berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, destination image berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, experiential marketing berpengaruh signifikan tourist satisfcation, tourist satisfaction tidak berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, tourist satisfaction tidak memediasi secara signifikan hubungan antara desination image dengan revisit intention, dan tourist satisfaction tidak memediasi secara signifikan hubungan antara experiential marketing dengan revisit intention.References
Rianto, S., & Santri, S. (2017). Kendala
Dan Upaya Pengembangan Objek Wisata
Bono Di Sungai Kampar Kecamatan
Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Riau. J. Spasial, vol. 3, no. 1, 2017, doi:
22202/js.v3i1.1599.
Fadiryana, N. A., & Chan, S. (2020).
Pengaruh Destination Image Dan Tourist
Experience Terhadap Revisit Intention
Yang Dimediasi Oleh Perceived Value
Pada Destinasi Wisata Halal Di Kota
Banda Aceh. J. Manaj. Inov., vol. 10, no.
, pp. 1–23, 2020.
U. A. Klasik, Pengaruh Experiential
Marketing Terhadap Objek WIsata
Jembangan.pp. 1–10.
Khansa, V. R., & Farida, N. (2016).
Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan
(Studi pada Wisatawan Domestik Kebun
Raya Bogor). Diponegoro Journal Of
Management, 02–11.
D. Sugiyono, Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
J. F. H. Jr, W. C. Black, B. J. Babin, R. E.
Anderson, W. C. Black, and R. E.
Anderson, Multivariate Data Analysis.