PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN TRANSFER PRICING TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2013-2015

Fitriya Isma, Mukhlizul Hamdi, . Yunilma

Sari


Fenomena penghindaran pajak di Indonesia dapat dilihat dalam sidang kasus simulator SIM 18 Juni 2013, di mana ada penjualan rumah mewah oleh developer kepada terdakwa, seharga Rp 7,1 milyar di Semarang. Namun di akta notaris, hanya tertulis Rp 940 juta atau ada selisih harga Rp 6,1 milyar. Atas transaksi ini, ada potensi PPN (Pajak Pertambahan Nilai) yang harus disetor 10 persen dikali Rp 6,1 milyar atau Rp 610 juta. Kekurangan lain PPh (Pajak Penghasilan) final sebesar 5 persen dikalikan Rp 6,1 milyar atau Rp 300 juta. Total kekurangan pajak senilai Rp 900 juta. Jika developer ini menjual ratusan unit rumah mewah, kerugian negara bisa mencapai puluhan milyar rupiah dari satu proyek perumahan (pajak.go.id).
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji apakah ukuran perusahaan, corporate social responsibility (CSR) dan transfer pricing terhadap tax avoidance pada perusahaan properti. Teori Agensi (Agency Theory) Didalam penelitian ini menggunakan teori agensi sebagai teori dasar. Teori Agensi menyatakan hubungan kontrak antara agen (manajemen suatu usaha) dan prinsipal (pemilik usaha). Teori Stakeholder Secara umum dalam teori stakeholder menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya bertanggung jawab pada kesejahteraan perusahaan saja, melainkan harus memiliki tanggung jawab sosial.
Populasi yang digunakan adalah perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2013-2015. Motode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian adalah 35 perusahaan. Variabel independen ukuran perusahaan di ukur dengan SIZE = LN(total asset), Corporate Social Responsibility (CSR) di ukur dengan jumlah item yang di ungkapkan di bagi dengan jumlah item pengungkapan 79 dan transfer pricing di ukur dengan dummy. Pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Berdasarkan serangkaian tes dan uji penelitian ditemukan hasil ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tax avoidance sedangkan corporate social responsibility (CSR) dan transfer pricing tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.
Saran untuk penelitian selanjutnya menggunakan variabel lain untuk melihat pengaruhnya terhadap tax avoidance. Variabel lain yang berkaitan dengan leverage, dewan komisaris independen dan lainnya.
Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR), Transfer Pricing, Tax Avoidance

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.