PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMAHAMAN AKUNTANSI, PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN PERAN INTERNAL AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Jambi)

Rifan Saputra, . Herawati, . Ethika

Sari


Kualitas laporan keuangan pemerintah merupakan ukuran-ukuran normatif yang perlu diwujudkan dalam informasi akuntansi sehingga dapat memenuhi tujuannya. Agar suatu laporan keuangan dapat memberi manfaat bagi para pemakainya maka kualitas laporan keuangan tersebut harus mempunyai nilai yang berkualitas dan berguna dalam pengambilan keputusan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemahaman akuntansi, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Jambi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 28 SKPD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Pemahaman akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Peran internal audit berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.
Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa kompetensi sumber daya manusia, pemahaman akuntansi, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, dan peran internal audit memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah. Karena laporan keuangan tersebut merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban yang dibuat untuk mempertanggungjawaban dalam pengelolaan dan pelaksanaan keuangan daerah selama satu periode.
Kata Kunci :
Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemahaman Akuntansi, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Peran Internal Audit, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.