PERANCANGAN PASAR RAYA SEBAGAI RUANG PUBLIK EKONOMI KERAKYATAN DI KOTA PADANG

Felda Zakri, Albusyra Fuadi, Yaddi Sumitra, Ariyati Ariyati

Abstract


Di Kota Padang, Pasar Raya adalah pasar rakyat yang memiliki arti penting bagi sejarah
pembentukan kota yang saat ini juga memiliki fungsi sebagai pasar induk yang melayani
perekonomian skala kota. Dengan kompleksitas fungsi perdagangan yang dimilikinya
menjadikan Pasar Raya sebagai ruang publik ekonomi kerakyatan yang semrawut namun
masih tetap ramai dikunjungi. Sebagai ruang publik kota yang positif, Pasar Raya tidak lagi
menggambarkan ruang positif tersebut dengan representatif. Penurunan kualitas kenyamanan
saat melakukan interaksi sosial pada Pasar Raya menyebabkan hilangnya makna ruang
publik yang sesungguhnya pada pasar rakyat. Perancangan pasar raya sebagai ruang publik
ekonomi kerakyatan Di Kota Padang bertujuan untuk mengembalikan pemaknaan ruang
publik ekonomi kerakyatan yang ada di Pasar Raya. Untuk dapat mengembalikan makna
ruang, maka digunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode penelitiannya, sehingga
akan didapat gagasan-gagasan desain sebuah pembangunan pasar yang berasal dari presepsi
pengguna (buttom up). Penelitian ini juga mengacu pada teori-teori yang ada untuk
mewujudkan konsep ruang publik yang sesungguhnya bagi kegiatan ekonomi tradisional
serta untuk mencapai kesejahteraan rakyat.
Kata Kunci: Pasar Tradisional, Ruang Publik, Ekonomi Kerakyatan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.