ANALISIS PERSEPSI PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SITI RAHMAH PADANG TAHUN 2016

Yusni MS ., Dahnil Djohar, Abdi Setia Putra

Sari


Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di rumah sakit diantaranya yaitu Tangibility (buktifisik), Reliability (handal), Responsiveness (tanggap), Assurance (jaminan) dan Empaty (perhatian). Penelitian ini telah dilaksanakan di RumahSakit Islam Siti Rahmah Padang dari20 Februari – 25 Maret 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat persepsi pasien BPJS rawat jalan terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan dan mengetahui analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan menggunakan desain cross sectional study.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, dan variable independen yaitu tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan.Populasi dalam penelitian ini adalah mencakup seluruh pasien BPJS rawat jalan yang menjalankan berobat di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang dari bulan Oktober – November 2016 sebanyak 600 orang.Sampel dalam penelitian ini adalah pasien BPJS rawat jalan yang berada di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang diambil secara Purposive Sampling yaitu mengambil atau responden yang ada atau tersedia pada saat penelitian dengan menggunakan rumus Hair yaitu 150 pasien. Hasil penelitian ini diperoleh tingkat kesesuaian antara persepsi pasien BPJS rawat jalan terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSI.Siti Rahmah Padang tergolong kedalam kategori Baik untuk kualitas pelayanan berdasarkan Tangibilty (buktifisik) dengan nilai 76,7%, Reliability (handal) dengan nilai 70,7%, Responsiveness (tanggap) dengan nilai 68,7%, Assurance (jaminan) dengan nilai 75,3% danEmpaty(perhatian)dengannilai 74,7%. Berdasarkan tingkat pendidikan SMP dari 24 orang responden 22 orang menyatakan tingkat kepuasan pada kualitas pelayanan di RSI.Siti Rahmah termasuk kedalam kategori baik yaitu pada rentang nilai 60%-50%. Pada tingkat pendiikan SD (Sekolah Dasar) dari 2 orang responden, kedua responden menyatakan tingkat kepuasan pada kualitas pelayanan di RSI. Siti Rahmah termasuk kedalam kategori baik.Terdapat pengaruh yang bermakna antara kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap kualitas pelayanan pada pasien BPJS rawat jalan di RSI. Siti Rahmah Padang dapat diketahui dengan nilaip value 0,000 (p value<0,05).
Keywords :Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empaty.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.