PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2015

Authors

  • Fadil Muhammad Erfar
  • Listiana Sri Mulatsih
  • Rika Desiyanti

Abstract

Perusahaan pada saat melakukan kegiatan penawaran saham perdana (initial public
offering) secara umum mengalami kecenderungan saham yang underpricing. Fenomena
underpricing ini merupakan suatu keadaan dimana harga saham pada saat penawaran
perdana lebih rendah dibandingkan dengan ketika diperdagangkan di pasar sekunder.
Bagi perusahaan fenomena underpricing dianggap sebagai suatu kondisi yang
merugikan karena kemampuan untuk mendapatkan dana yang maksimal tidak dapat
diraih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur perusahaan, ukuran
perusahaan dan reputasi underwriter terhadap underpricing saham pada perusahaan
yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2015. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah signalling theory yang menjelaskan tentang pentingnya
informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan terhadap pihak yang membutuhkan (pihak
luar), informasi ini sangat penting dikarenakan dengan informasi tersebut, pihak-pihak
yang berkepentingan bisa mengetahui akan keadaan ataupun informasi perusahaan.
Pada penelitian ini umur perusahaan diukur dengan skala tahunan dengan menghitung
tahun perusahaan IPO dikurangi dengan tahun perusahaan berdiri. Ukuran perusahaan
diukur dengan log natural total aset perusahaan sebelum tahun IPO. Sedangkan reputasi
underwriter diukur menggunakan variabel dummy dengan memberikan nilai 1 untuk
underwriter dengan reputasi tinggi dan nilai 0 untuk underwriter yang tidak memiliki
reputasi tinggi.
Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 138 perusahaan yang mengalami
underpricing. Data yang digunakan pada penelitian adalah data sekunder. Pada
penelitian ini mengunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda, uji
hipotesis dengan menggunakan uji t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara
parsial dan uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan.
Penelitian ini menghasilkan temuan secara parsial bahwa umur perusahaan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap underpricing saham. Ukuran perusahaan tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing saham. Reputasi underwriter
tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing saham. Secara simultan
variabel independen dalam penelitian berpengaruh signifikan terhadap underpricing
saham.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu umur perusahaan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap underpricing saham. Sedangkan ukuran perusahaan dan reputasi
underwriter tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing saham.
Kata kunci : Underpricing, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Reputasi
Underwriter.

Published

2017-07-12