ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASANANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAMPADAKOPERASIPASARTALAWI KOTA SAWAHLUNTO

Authors

  • Adya Yuasta
  • Kasman Karimi
  • . Firdaus Sy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan bagaimana pengaruh dalam jangkapendek dan jangka panjang variabel citra koperasi, kualitas pelayanan, harga / sukubungadan kepercayaan terhadap kepuasan anggota di KOPPAS Talawi Kota Sawahlunto. Datayang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan jumlah sampel 80responden anggota KOPPAS Talawi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperolehdari kuisioner.
Dari hasil penelitian menunjukkan citra koperasi dan harga / suku bunga berpengaruhsignifikan terhadap kepuasan anggota, sedangkan kualitas pelayanan dan kepercayaan tidakberpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota.
Berdasarkan hasil pengujian t-test (1)citra koperasi(LX1) mempunyai probability<alpha yang artinyacitra koperasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadapkepuasan.(2)pelayanan(LX2) mempunyai probability<alpha yang artinyakualitas pelayanan (LX2)tidakmemilik pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan. (3) harga (LX3) mempunyaiprobability>alpha yang artinya harga (LX3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadapkepuasan. (4) kepercayaan (LX4) mempunyai probability > alpha yaitu 0.8155> 0,05keputusannya H
0
diterima dan H
ditolak yang artinya kepercayaan(LX4) tidak memilikipengaruh yang signifikan terhadapkepuasan.
a
Kesimpulan yang variabel independen yang (1) berpengaruh signifikan yaitu citrakoperasi dan harga/suku bunga. (2) variabel yang tidak berpengaruh signifikan yaitu kualitaspelayanan dan kepercayaan.
Kata Kunci : Kepuasan Anggota, Citra Koperasi, Kualitas Pelayanan, Harga /Suku Bunga, Kepercayaan.

Published

2017-07-13