DAMPAK MINIMARKET TERHADAP EKSISTENSI WARUNG KECIL DI KOTAPADANG

Authors

  • Dedet Syahroni
  • . Helmawati
  • Nurul Huda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bagaimana daya saing, pendapatan, dan
jumlah pembeli warung kecil memiliki dampak sebelum dan sesudah adanya minimarket dikota padang.Jumlah sampel yang diambil adalah60orangpemilik warung kecil tenaga kerja.Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahMcNemar Test. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa daya saing dalam hal pelayanan berdampak terhadap warung kecil.Pendapatan dan jumlah pembeli juga berdampak terhadap warung kecil.
Hasil Uji Mc Nemar (1) 5 orang dari 60 responden menjawab sebelum adanyaminimarket, pelayanan tidak dapat menjadi daya saingĀ  bagi warung kecil terhadapminimarket dan Sesudah adanya minimarket, pelayanan tetap tidak dapat menjadi daya saingbagi warung kecil terhadap minimarket.(2)12 orang dari 60responden menjawab Sebelumadanya minimarket tidak adanya daya saing terhadap pelayananpada warung kecil terhadapminimarket, akan tetapisesudah adanya minimarket pelayanandapat menjadi daya saing bagiwarung kecil terhadap minimarket.(3) 5 orang dari 60responden menjawab sebelum adanyaminimarket pelayanandapat menjadi daya saing bagi warung kecil terhadap minimarket.(4)38 orang dari 60responden menjawab sebelum adanya minimarket pelayanandapat menjadidaya saing bagi warung kecil terhadap minimarket dan sesudah adanya minimarket,pelayanantetap menjadi daya saing bagi warung kecil terhadap minimarket.
Kesimpulannya, dampak dari adanya minimarket terhadap eksistensi warung kecilyaitu menurun nya pendapatan dan berkurangnya jumlah pembeli. Ini di sebabkan karenajarak antara warung kecil dengan minimarket relatif dekat serta keunggulan-keunggulan dariminimarket yang tidak dimiliki oleh warung kecil yaitu penggunaan tenaga kerja, ruanganminimarket menggunakan AC, menyediakan parkir kendaraan, memberikan diskon harga danmenjamin kualitas barang yang di jual.
Kata Kunci : Daya Saing, Pendapatan, Jumlah Pembeli

Published

2017-07-13