PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, EXCHANGE RATE DAN MEKANISME BONUS TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING
Abstract
Â
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris apakah pajak, tunneling incentive, exchange rate dan mekanisme bonus berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Fenomena transfer pricing di dunia pajak berkembang seiring dengan perkembangan dunia usaha dan kompleksitas bisnis. Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) menyatakan sebanyak 2.000 perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia tidak membayar Pajak Penghasilan (PPh) Badan Pasal 25 dan Pasal 29 karena alasan merugi. Perusahaan tersebut melakukan penghindaran pajak melalui metode transfer pricing atau mengalihkan keuntungan atau laba kena pajak dari Indonesia ke negara lain.
Teori pada penelitian ini adalah teori agensi, berdasarkan teori ini dapat di jelaskan bahwa agen sebagai manajemen ingin membayar pajak serendah mungkin agar memperoleh laba yang besar sedangkan prinsipal sebagai pemilik saham ingin agen membayar pajak sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku dan perinsipal ingin agen itu patuh terhadap pajak.
Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari annual report perusahaan manufaktur yang listing di BEI selama tahun 2011-2015 yang didokumentasikan dalam www.idx.id serta sumber lain yang relevan seperti Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Pengambilan sampel diakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode penetapan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Dengan sampel penelitian sebanyak 19 perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pajak, tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, exchange rate berpengaruh terhadap transfer pricing dan mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap transfer pricing.
Kata kunci: Pajak, Tunneling Incentive, Exchange Rate, Mekanisme Bonus, Transfer Pricing