PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LEVERAGE (Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar di BEI

Authors

  • Falya Ashfahani Nashiza
  • . Yuhelmi
  • Nailal Husna

Abstract

Kebijakan  leverage  merupakan  keputusan  penting  didalam  perusahaan  salah satunya kebijakan pendanaan perusahaan yang digunakan untuk membiayai aktivitas opersional  perusahaan.  Perusahaan  membiayai  kegiatannya  (operasional)  dengan menggunakan  modal  pinjaman  serta  menanggung  suatu  beban  tetap  yang  bertujuan untuk meningkatkan laba per lembar saham. Penggunaan modal pinjaman dilakukan ketika  kebutuhan  pendanaan  tidak  dapat  lagi  dipenuhi  dengan  menggunakan  modal
sendiri.
Penelitian  ini  menguji  mengenai  Pengaruh  struktur  aktiva,  pertumbuhan penjualan,  profitabilitas,  dan  ukuran  perusahaan  terhadap  leverage  perusahaan  sub sektor transportasi  yang terdaftar di Bursa Efek  Indonesia pada periode 2012-2015.Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak  22  perusahaan yang di dapat dari IDX
dengan periode penelitian dari tahun 2012-2015.
Penelitian ini menggunakan satu variabel dependen yaitu Leverage  dan empat variabel independen yaitu  struktur aktiva,  pertumbuhan penjualan, profitabilitas, dan
ukuran  perusahaan.  Metode  analisis  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah analisis regresi berganda yang diolah dengan program Eviews
Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  ditemukan  bahwa  Struktur  aktiva , Pertumbuhan  penjualan,  Profitabilitas  dan  Ukuran  perusahaan  tidak  pengaruh terhadap  leverage  pada perusahaan sub  sektor  transportasi periode 2012-2015.  Hasil
penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  setiap  terjadi  kanaikan  atau  penurunan  tidak mempengaruhi  tingkat  hutang.  Hal  ini  disebabkan  oleh  sumber  pendanaan  tidak berasal dari hutang melainkan dari modal sendiri.


Kata kunci  : Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, profitabilitas, Ukuran Perusahaan,  dan Leverage.

Published

2017-07-13