PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CAFE D’BESTO DI KOTA PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan Cafe d’BestO di Kota Padang. Ukuran sampel yang digunakan berjumlah 100 orang
responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh
melalui penyebaran kuesioner kepada target responden yang memenuhi kriteria. Sesuai umum variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian dapat dikelompokan menjadi dua kelompok utama. Variabel pertama adalah dependen
yaitu loyalitas pelangganCafe d’BestO. Variabel kedua adalah independen yang terdiri dari kualitas pelanggan, promosi dan citra merek. Metode analisis yang peneliti gunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah analisis regresi berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan dengan menggunakan bantuan program SPSS 17.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS ditemukan bahwa kualitas pelayanan, promosi dan citra merek secara individual berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan cafe d’BestO di Kota Padang.
Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS 17 maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan cafe
d’BestO. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan cafe d’BestO. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan ter hadap loyalitas pelanggan cafe d’BestO.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Citra Merek