PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CAFE D’BESTO DI KOTA PADANG

Authors

  • Yogie Nofi Putra
  • Dhanil Johar
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendapatkan  bukti  empiris  pengaruh kualitas  pelayanan,  promosi  dan  citra  merek  terhadap  loyalitas  pelanggan  Cafe d’BestO  di  Kota  Padang.  Ukuran  sampel  yang  digunakan  berjumlah  100  orang
responden  yang  dipilih  dengan  menggunakan  metode  purposive  sampling.  Jenis data  yang  digunakan  didalam  penelitian  ini  adalah  data  primer  yang  diperoleh
melalui penyebaran kuesioner kepada target responden yang memenuhi kriteria. Sesuai  umum  variabel  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  dapat dikelompokan menjadi dua kelompok utama. Variabel pertama adalah dependen
yaitu  loyalitas  pelangganCafe  d’BestO.  Variabel  kedua  adalah  independen  yang terdiri  dari  kualitas  pelanggan,  promosi  dan  citra  merek.  Metode  analisis  yang peneliti gunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis  adalah analisis regresi berganda  dan  pengujian  t-statistik.  Proses  pengolahan  data  dilakukan  dengan dengan menggunakan bantuan program SPSS 17.
Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  yang  dilakukan  dengan menggunakan  bantuan  program  SPSS  ditemukan  bahwa  kualitas  pelayanan, promosi  dan  citra  merek  secara  individual  berpengaruh  signifikan  terhadap
loyalitas pelanggan cafe d’BestO di Kota Padang.
Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan  SPSS  17  maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  loyalitas  pelanggan  cafe
d’BestO. Promosi berpengaruh positif dan signifikan  terhadap loyalitas pelanggan cafe  d’BestO.  Citra  merek  berpengaruh  positif  dan  signifikan  ter hadap  loyalitas pelanggan cafe d’BestO.


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Citra Merek

Published

2017-07-13