PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK BEDAK PIXY DI KOTA PADANG

Authors

  • Ghina Atikah
  • Yulihar Mukhtar
  • Nailal Husna

Abstract

Kosmetik  merupakan  salah  satu  unsur  yang  cukup  penting  dalam  dunia  kecantikan, kosmetik bedak semakin berkembang dari masa ke masa  dan  berdampak pada semakin meningkatnya  industri  kosmetik  di  dunia,  termasuk  juga  di  Indonesia  yang  tidak terlepas  dari  gaya  hidup  modern  saat  ini.  Hal  ini  terbukti  dari  tingginya  produksi kosmetik  di  Indonesia,  dimana  dari  tahun  ke  tahun  penjualannya  semakin  meningkat baik kosmetik produksi dalam negeri, maupun kosmetik impor.  Semakin menurunnya minat  konsumen  untuk  melakukan  keputusan  pembelian  kosmetik  bedak  Pixy  dikota Padang menjadi indikasi untuk melakukan penelitian ini.
Penelitan  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  citra  merek,  harga  dan  kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik bedak Pixy di Kota Padang.  Populasi
dan  sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  konsumen  yang  membeli  dan  memakai kosmetik bedak Pixy di Kota Padang berjumlah seratus orang responden.
Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dari penyebaran kuesioner. Metode analisa data dalam penelitian ini
adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t statistik untuk  melihat  hasil  pengaruh  variabel  independen  terhadap  variabel  dependen  secara
persial.
Hasil  penelitan  ini  menemukan  bahwa  (1)  citra  merek  berpengaruh  positif  terhadap keputusan pembelian kosmetik bedak Pixy di kota Padang, (2) harga tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian kosmetik bedak Pixy di kota Padang, (3) kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kosmetik bedak Pixy di kota Padang.


Kata kunci: Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Published

2017-07-13