PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK BEDAK PIXY DI KOTA PADANG
Abstract
Kosmetik merupakan salah satu unsur yang cukup penting dalam dunia kecantikan, kosmetik bedak semakin berkembang dari masa ke masa dan berdampak pada semakin meningkatnya industri kosmetik di dunia, termasuk juga di Indonesia yang tidak terlepas dari gaya hidup modern saat ini. Hal ini terbukti dari tingginya produksi kosmetik di Indonesia, dimana dari tahun ke tahun penjualannya semakin meningkat baik kosmetik produksi dalam negeri, maupun kosmetik impor. Semakin menurunnya minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian kosmetik bedak Pixy dikota Padang menjadi indikasi untuk melakukan penelitian ini.
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik bedak Pixy di Kota Padang. Populasi
dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan memakai kosmetik bedak Pixy di Kota Padang berjumlah seratus orang responden.
Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dari penyebaran kuesioner. Metode analisa data dalam penelitian ini
adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t statistik untuk melihat hasil pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara
persial.
Hasil penelitan ini menemukan bahwa (1) citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kosmetik bedak Pixy di kota Padang, (2) harga tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian kosmetik bedak Pixy di kota Padang, (3) kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kosmetik bedak Pixy di kota Padang.
Kata kunci: Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian