ENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015
Abstract
Di dalam perekonomian saat ini banyak pesaing sehingga perusahaan harus berupaya untuk mengantisipasi persaingan yang semakin tajam, baik bagi perusahaan
besar maupun kecil. Upaya tersebut menjadi permasalahan yang khusus bagi perusahaan sehingga harus bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas agar dapat bersaing
dengan baik. Setiap perusahaan memerlukan dana yang besar agar mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi sehingga tetap unggul dankemudian dapat bertahan dalam persaingan bisnis.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini adalah sektor industri barang konsumsi berjumlah 27 perusahaan yang terdaftar pada periode 2011-2015 di Bursa Efek Indonesia. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel. Data yang digunakan pada penelitian adalah data sekunder.
Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan dan variabel dependen adalah Struktur Modal.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan uji t-statistik.
Penelitian ini menemukan bahwa struktur aktiva tidak berpengaruh terhadap struktur modal hal ini disebabkan perusahaan tidak selalu mendapatkan dana dari
hutang tetapi bisa dari pertumbuhan penjualannya sendiri, maka kemungkinan perusahaan untuk menambahkan alokasi hutangnya lebih kecil dan pertumbuhan
penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal hal ini disebabkan perusahaan tidak selalu mendapatkan dana dari hutang tetapi bisa dari pertumbuhan penjualannya
sendiri, maka kemungkinan perusahaan untuk menambahkan alokasi hutangnya lebih kecil. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap struktur modal hal ini dikarenakan perusahaan besar memiliki kebutuhan dana yang tinggi.
Kata kunci:Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal