PENGARUH KUALITAS PRODUK, CELEBRITY ENDORSERDAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK KAPAL API WHITE COFFEE DI SIJUNJUNG

Authors

  • Tirta Rizka Mirandi
  • Dhanil Johar
  • Reni Yuliviona

Abstract

Dalam proses pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi oleh perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Seorang konsumen yang ingin membeli sebuah produk
untuk  memenuhi  kebutuhan dihadapkan  dengan  beberapa  pilihan  merek  produk  yang akan  dibelinya,  salah  satu  faktor  untuk  mengetahui  perilaku  konsumen  yaitu  dengan
mempelajari pengambilan keputusan konsumen. Menurut Kotler dan Amstrong (2008), keputusan  pembelian  adalah tahap  dalam  proses  pengambilan  keputusan  pembelian
dimana konsumen benar – benar membeli, mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan.
Penelitian  ini  menguji pengaruh  kualitas  produk, celebrity  endorser dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk kapal api white coffee di  Sijunjung. Data  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adaalah  data  primer.  Jumlah sampel  yang  digunakan  sebanyak  100  responden  dengan metode purposive sampling.
Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap dependen menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi  berganda. Pada  pengujian  hipotesis  menggunakan  uji  t-statistik  untuk  menguji koefesien regresi secara parsial dan uji F-statistik untuk menguji secara simultan Hasil penelitian ini menemukan  bahwa berdasarkan  uji  t-statistik kualitas  produk dan celebrity  endorser tidak berpengaruh signifikan  terhadap keputusan  pembelian konsumen  pada  produk  Kapal  Api White  Coffee di  Sijunjung  dan brand  awareness
berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian  konsumen  pada  produk  Kapal Api White  Coffee di  Sijunjung, dan  secara  uji  F-statistik  semua  variabel  independen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kesimpulan  pada  penelitian  ini  adalah kualitas  produk dan celebrity  endorser tidak berpengaruh signifikan  terhadap keputusan  pembelian konsumen  pada  produk  Kapal
Api White  Coffee di  Sijunjung  dan brand  awareness berpengaruh  signifikan  terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Kapal Api White Coffee di Sijunjung.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Celebrity Endorser, Brand Awarenes , Keputusan Pembelian

Published

2017-07-13