PENGARUH KUALITAS PRODUK, CELEBRITY ENDORSERDAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK KAPAL API WHITE COFFEE DI SIJUNJUNG
Abstract
Dalam proses pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi oleh perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Seorang konsumen yang ingin membeli sebuah produk
untuk memenuhi kebutuhan dihadapkan dengan beberapa pilihan merek produk yang akan dibelinya, salah satu faktor untuk mengetahui perilaku konsumen yaitu dengan
mempelajari pengambilan keputusan konsumen. Menurut Kotler dan Amstrong (2008), keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembelian
dimana konsumen benar – benar membeli, mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan.
Penelitian ini menguji pengaruh kualitas produk, celebrity endorser dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk kapal api white coffee di Sijunjung. Data yang digunakan pada penelitian ini adaalah data primer. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling.
Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap dependen menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji t-statistik untuk menguji koefesien regresi secara parsial dan uji F-statistik untuk menguji secara simultan Hasil penelitian ini menemukan bahwa berdasarkan uji t-statistik kualitas produk dan celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Kapal Api White Coffee di Sijunjung dan brand awareness
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Kapal Api White Coffee di Sijunjung, dan secara uji F-statistik semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah kualitas produk dan celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Kapal
Api White Coffee di Sijunjung dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Kapal Api White Coffee di Sijunjung.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Celebrity Endorser, Brand Awarenes , Keputusan Pembelian