PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JASA KURIR PENGIRIMAN PAKET (Studi Pada Pelanggan Indah Cargo Logistik di Kota Padang)

Authors

  • Eka Gusnadi
  • . Lindawati
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Mempertahankan  pelanggan  adalah  suatu  hal  yang  penting  bagi  perusahaan. Khususnya  pelanggan  pada  perusahaan  jasa,  karena  pelanggan  merupakan  aset yang  sangat  berharga,  tanpa  pelanggan  sebuah  perusahaan  tidak  akan  bisa menjalani  kegiatan  bisnis  dengan  baik.  Mempertahankan  pelanggan  identik dengan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan tersebut dimana ketika pelanggan melakukan  pembelian  secara  berulang,  lalu  merekomendasikan  perusahaan tersebut kepada orang lain, dan kebal terhadap godaan perusahaan lain,  maka hal
ini mengindikasikan adanya loyalitas pelanggan.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  citra  merek,  kepercayaan merek, dan kepuasan  terhadap  loyalitas pelanggan  pada PT.  Indah Cargo. Sampel dalam  penelitian  ini  adalah  pelanggan  PT.  Indah  Cargo  yang  berjumlah  138 responden.  Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah  purposive sampling.  Jenis  data  yang  digunakan  adalah  data  primer  melalui  penyebaran
kuesioner.  Metode  analisa  data  yang  digunakan  adalah  analisis  regresi  linear berganda.  Uji  hipotesis  dengan  menggunakan  uji  T-test  statistik  untuk membuktikan  pengaruh  variabel  independen  terhadap  variabel  dependen  secara parsial atau individu.
Hasil  penelitian  ini  menemukan  bahwa  citra  merek  tidak  berpengaruh  terhadap loyalitas  pelanggan.  Kepercayaan  merek  berpengaruh  positif  dan  signifikan terhadap  loyalitas  pelanggan.  kepuasan  berpengaruh  positif  dan  signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Indah Cargo di Kota Padang.Hasil  tersebut  menunjukkan  bahwa  loyalitas  pelanggan  dapat  dipengaruhi  oleh kepercayaan merek  dan  kepuasan,  oleh sebab itu sangat penting bagi  perusahaan
untuk  memperhatikan  kepercayaan  pelanggan  dan  memperhatikan  kepuasan pelanggan  atas  jasa  yang  ditawarkan.  Namun,  hasil  penelitian  ini  menunjukkan
bahwa citra merek  tidak dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan, oleh sebab itu perusahaan harus meningkatkan  citra perusahaan di mata pelanggan agar mampu menarik dan mempertahankan pelanggan tersebut

Published

2017-07-13