PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JASA KURIR PENGIRIMAN PAKET (Studi Pada Pelanggan Indah Cargo Logistik di Kota Padang)
Abstract
Mempertahankan pelanggan adalah suatu hal yang penting bagi perusahaan. Khususnya pelanggan pada perusahaan jasa, karena pelanggan merupakan aset yang sangat berharga, tanpa pelanggan sebuah perusahaan tidak akan bisa menjalani kegiatan bisnis dengan baik. Mempertahankan pelanggan identik dengan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan tersebut dimana ketika pelanggan melakukan pembelian secara berulang, lalu merekomendasikan perusahaan tersebut kepada orang lain, dan kebal terhadap godaan perusahaan lain, maka halini mengindikasikan adanya loyalitas pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kepercayaan merek, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Indah Cargo. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. Indah Cargo yang berjumlah 138 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran
kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. kepuasan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Indah Cargo di Kota Padang.Hasil tersebut menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi oleh kepercayaan merek dan kepuasan, oleh sebab itu sangat penting bagi perusahaan
untuk memperhatikan kepercayaan pelanggan dan memperhatikan kepuasan pelanggan atas jasa yang ditawarkan. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa citra merek tidak dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan, oleh sebab itu perusahaan harus meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan agar mampu menarik dan mempertahankan pelanggan tersebut
Downloads
Published
2017-07-13