PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KERAMIK, PORSELIN DAN KACA SERTA SUBSEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEKINDONESIA (Studi Kasus Sektor Industri Dasar dan K
Abstract
Pada saat ini perusahaan dituntut untuk bisa bersaing serta menguasai pangsa pasar,untuk semua itu perusahaan membutuhkan dana agar tujuan tersebut tercapai. Sumber pendanaan perusahaan ada dua yaitu eksternal dan internal, sumber dana yang baik berasal dari dalam
perusahaan serta peran dari manager keuangan dalam penerapan struktur modal perusahaan agar dapat memenet keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada
perusahaan subsector keramik, porselin dan kaca serta subsektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015.
Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah signaling theory yang menjelaskan apabila manajemen memiliki informasi yang akan menguntungkan perusahaan dikemudian hari dan untuk itu dibutuhkan tambahan modal, maka manajemen akan cenderung membiayai perusahaan dengan utang. Pada penelitian ini struktur aktiva di ukur dengan membagi aktiva tetap dengan total aktiva dikali seratus persen. Ukuran perusahaan diukur dengan log natural total asset perusahaan. Sedangkan pertumbuhan penjualan yaitu penjualan tahun t di kurang dengan penjualan tahun t-1 dibagi dengan penjualan tahun t-1
Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 9 perusahaan . data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder. Pada penelitian ini mengguunakan teknik analisis data yaitu
analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan menggunakan uji t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan
Penelitian ini menghasilkan temuan secara persial bahwa struktur aktiva memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal. Ukuran perusahan tidak memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap struktur modal. Pertumbuhan penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal. Secara simultan variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap struktur modal Kesimpulan pada penelitian ini yaitu struktur aktiva memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal
Kata kunci : Struktur Modal, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan