Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Pusat oleh-oleh Bani Rawi di Kabupaten Tanah Datar

Authors

  • Reza Fabio Alkindi
  • Dahliana Kamener
  • Reni Yuliviona

Abstract

Pusat  oleh-oleh  Bani  Rawi  adalah  sebuah  usaha  rumah  tangga  yang  menjual  berbagai  macam produk makanan dan oleh-oleh khas Kabupaten Tanah Datar seperti keripik talas, keripik pisang,dan keripik singkong, namun yang lebih spesifik adalah keripik talas. Pusat oleh-oleh Bani Rawiterletak di Nagari Lawang Mandahiling, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar  yang telah  berdiri  sejak  tahun  2009.  Bani  Rawi  memiliki  beberapa  prestasi  salah  satunya  mereka mendapatkan  kesempatan  untuk  mengikuti  pameran  produk  yang  di  selenggarakan  di  Maroko
Afrika Utara pada tahun 2011 yang lalu.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  promosi,  lokasi,  dan  citra  merek  terhadap keputusan  pembelian.  Teknik  penarikan  sampel  dengan  menggunakan  metode  accidental sampling, dengan jumlah sampel  yang digunakan adalah 138 orang responden. Teknik analisa
data  yang  digunakan  untuk  menguji  hipotesis  adalah  regresi  linear  berganda.  Hasil  penelitian menemukan  bahwa:  (1)  promosi  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian konsumen  Bani  Rawi.  (2)  lokasi  berpengaruh  positif  terhadap  keputusan  pembelian  konsumen Bani  Rawi.  (3)  citra  merek  tidak  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian
konsumen Bani Rawi.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan  bahwa promosi dan lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan  pembelian,  sedangkan  citra  merek  tidak  berpengaruh  terhadap  keputusn  pembelian. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa promosi yang dilakukan dan lokasi yang dipilih oleh
pusat oleh-oleh bani rawi sudah efektif dalam menarik konsumen untuk mengambil keputusan pembelian, sedangkan citra merek belum bisa menarik keputusan pembelian konsumen.
Hasil  tersebut  menunjukkan  bahwa  pusat  oleh-oleh  bani  rawi  sudah  efektif  dalam  mengelola kegiatan  promosi  dan  efektif  dalam  pemilihan  lokasi  pusat  oleh-oleh  bani  rawi.  Namun,  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek belum bisa mempengaruhi keputusan pembelian, hal ini berarti pusat oleh-oleh bani rawi harus lebih memperhatikan merek yang digunakan oleh pusat oleh-oleh bani rawi.


Kata kunci : Promosi, Lokasi, Citra merek, Keputusan pembelian konsumen

Published

2017-07-13