Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Pusat oleh-oleh Bani Rawi di Kabupaten Tanah Datar
Abstract
Pusat oleh-oleh Bani Rawi adalah sebuah usaha rumah tangga yang menjual berbagai macam produk makanan dan oleh-oleh khas Kabupaten Tanah Datar seperti keripik talas, keripik pisang,dan keripik singkong, namun yang lebih spesifik adalah keripik talas. Pusat oleh-oleh Bani Rawiterletak di Nagari Lawang Mandahiling, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar yang telah berdiri sejak tahun 2009. Bani Rawi memiliki beberapa prestasi salah satunya mereka mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pameran produk yang di selenggarakan di Maroko
Afrika Utara pada tahun 2011 yang lalu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, lokasi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 138 orang responden. Teknik analisa
data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Bani Rawi. (2) lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Bani Rawi. (3) citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen Bani Rawi.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa promosi dan lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusn pembelian. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa promosi yang dilakukan dan lokasi yang dipilih oleh
pusat oleh-oleh bani rawi sudah efektif dalam menarik konsumen untuk mengambil keputusan pembelian, sedangkan citra merek belum bisa menarik keputusan pembelian konsumen.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa pusat oleh-oleh bani rawi sudah efektif dalam mengelola kegiatan promosi dan efektif dalam pemilihan lokasi pusat oleh-oleh bani rawi. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek belum bisa mempengaruhi keputusan pembelian, hal ini berarti pusat oleh-oleh bani rawi harus lebih memperhatikan merek yang digunakan oleh pusat oleh-oleh bani rawi.
Kata kunci : Promosi, Lokasi, Citra merek, Keputusan pembelian konsumen