PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERDAGANGAN ECERAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus Sektor Perdagangan, Jasa , dan Investasi Perio

Authors

  • Aidha Bastira
  • Rika Desiyanti
  • Nailal Husna

Abstract

Tujuan  utama  perusahaan yang  telah go  public adalah  meningkatkan  kemakmuran pemilik  atau  para  pemegang  saham  melalui  peningkatan  nilai perusahaan.  Nilai perusahaan  sangat  penting  karena  mencerminkan  kinerja  perusahaan  yang  dapat mempengaruhi  persepsi  investor  terhadap perusahaan.  Fenomena  yang  terdapat  pada
penelitian ini dimana nilai perusahaan pada sub sektor Perdagangan Eceran pada tahun 2013  dan  2014  mengalami  penurunan  yang  sangat  drastis, dibandingkan  dengan  sub
sektor  lainnya  yang  relative  sama, tentu  ini  bertolak  belakang  dengan  tujuan  sebuah perusahaan yang ingin mensejahterakan para pemegang sahamnya. Meningkatnya nilai perusahaan  adalah  sebuah  prestasi,  yang  sesuai  dengan  keinginan  para  pemiliknya, karena  dengan  meningkatnya  nilai  perusahaan,  maka  kesejahteraan  para  pemilik  juga akan  meningkat,  dan  ini  adalah  tugas  dari  manager  sebagai  agen  yang  telah  diberi kepercayaan  oleh  para  pemilik  perusahaan  untuk  menjalankan  perusahaannya.  Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah signaling theory yang menjelaskan tentang
perusahaan yang berkualitas baik dengan sengaja akan memberikan signal pada pasar, dengan  demikian  pasar  diharap  dapat  membedakan  perusahaan  yang  berkualitas  baik dan buruk.
Pada  penelitian  ini  ukuran  perusahaan  diukur  dengan  log  natural  ases  perusahaan. Struktur  modal  diukur  dengan Debt  to  Equity  Ratio dengan  menghitung  total  hutang
dibagi  dengan  total  modal  sendiri  dikali  seratus  persen.  Sedangkan  pertumbuhan perusahaan  diukur  dengan growth dengan  menghitung  total  asset  tahun  berjalan dikurang total asset tahun sebelumnya dibagi dengan total asset tahun sebelumnya dikali seratus persen.
Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 11 perusahaan. Data yang digunakan pada penelitian  adalah  data  sekunder.  Pada  penelitian  ini  mengunakan  teknik  analisis  data
yaitu analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan menggunakan uji t-statistik untuk menguji  koefisien  regresi secara  parsial  dan  uji  F-statistik  untuk  menguji  pengaruh
secara simultan.
Penelitian  ini  menghasilkan  temuan  secara  parsial  bahwa ukuran  perusahaan  tidak memiliki  pengaruh  yang  signifikan  terhadap  nilai  perusahaan.  Struktur  modal  tidak
memiliki  pengaruh  terhadap  nilai  perusahaan. Pertumbuhan  perusahaan  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kesimpulan  pada  penelitian  ini  yaitu ukuran  perusahaan  dan  struktur  modal  tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pertumbuhan
perusahaan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.


Kata  kunci  : Nilai  Perusahaan,  Ukuran Perusahaan, Struktur  Modal dan Pertumbuhan Perusahaan

Published

2017-07-13