PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( Perusahaan Sub Sektor Logam dan Sejenisnya Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015)

Authors

  • Fidel Hostambi
  • . Yuhelmi
  • Rika Desiyanti

Abstract

Nilai perusahaan sangat penting karena dengan nilai perusahaan yang tinggi akan diikuti oleh tingginya kemakmuran pemegang saham, semakin tinggi harga saham
semakin  tinggi  pula  nilai  perusahaan.  Nilai  perusahaan  yang  tinggi  menjadi keinginan  para  pemilik  perusahaan,  sebab  dengan  nilai  yang  tinggi  menunjukan kemakmuran pemegang saham  juga tinggi.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  corporate  social responsibility,  ukuran  perusahaan,  dan  leverage  terhadap  nilai  perusahaan pada perusahaan  sub  sektor  logam  dan  sejenisnya  yang  terdaftar  di  Bursa  Efek
Indonesia  pada  periode  2012-2015.  Variabel  bebas  yang  digunakan  didalam penelitian  ini  adalah  corporate  social  responsibility,  ukuran  perusahaan,  dan leverage,  sedangkan  untuk  variabel  terikat  yaitu  nilai  perusahaan.  Sampel  yang
digunakan didalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan dengan menggunakan teknik  sampling  jenuh.  Data  yang  digunakan  didalam  penelitian  ini  adalah  data
sekunder  yang  diperoleh  dari  Indonesian  Stock  Exchange  (IDX).  Analisis  data yang digunakan didalam  penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu  corporate social  responsibility  dan ukuran  perusahaan  tidak  berpengaruh  terhadap  nilai  perusahaan,  sedangkan leverage  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  nilai  perusahaan.  Hasil penelitian  ini  menggambarkan  bahwa  pengelolaan  CSR  dan  asset  perusahaan yang belum efektif sehingga belum bisa meningkatkan nilai perusahaan. Namun,
penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  hutang  perusahaan  yang  tinggi  akan meningkatkan  nilai  perusahaan,  karena  perusahaan  efektif  dalam  mengelola hutang yang dimiliki.

Hasil  tersebut  menunjukkan  bahwa  nilai  perusahaan  dapat  dipengaruhi  oleh leverage,  hal  ini  berarti  investor  melihat  perusahaan   efektif  dalam  pengelolaan hutang  untuk  kegiatan  operasional.  Namun,  hasil  penelitian  ini  menunjukkan bahwa  CSR  dan  ukuran  perusahaan  belum  bisa  meningkatkan  nilai  perusahaan, hal ini berarti perusahaan harus memperhatikan pengelolaan CSR dan  asset yang dimiliki perusahaan.


Kata  Kunci:Corporate  Social  Responsibility,  Ukuran  Perusahaan,  Leverage dan Nilai Perusahaan

Published

2017-07-13