PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( Perusahaan Sub Sektor Logam dan Sejenisnya Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015)
Abstract
Nilai perusahaan sangat penting karena dengan nilai perusahaan yang tinggi akan diikuti oleh tingginya kemakmuran pemegang saham, semakin tinggi harga saham
semakin tinggi pula nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukan kemakmuran pemegang saham juga tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia pada periode 2012-2015. Variabel bebas yang digunakan didalam penelitian ini adalah corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan leverage, sedangkan untuk variabel terikat yaitu nilai perusahaan. Sampel yang
digunakan didalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data
sekunder yang diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (IDX). Analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu corporate social responsibility dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pengelolaan CSR dan asset perusahaan yang belum efektif sehingga belum bisa meningkatkan nilai perusahaan. Namun,
penelitian ini menunjukkan bahwa hutang perusahaan yang tinggi akan meningkatkan nilai perusahaan, karena perusahaan efektif dalam mengelola hutang yang dimiliki.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh leverage, hal ini berarti investor melihat perusahaan  efektif dalam pengelolaan hutang untuk kegiatan operasional. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR dan ukuran perusahaan belum bisa meningkatkan nilai perusahaan, hal ini berarti perusahaan harus memperhatikan pengelolaan CSR dan asset yang dimiliki perusahaan.
Kata Kunci:Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Nilai Perusahaan