PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA KARTU SIMPATI (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA)
Abstract
Jasa telkomunikasi di Indonesia mengalami suatu perkembangan yang cukup pesat.Hal ini dapat dilihat dengan banyak operator seluler yang beroperasi dan bersaing dalam bisnis penyedia jasa telkomunikasi. Salah satunya adalah Telkomsel dimana telkomsel menyediakan fasilitas layanan seperti Simpati, As, dan Kartu Pasca Prabayar Hallo, dimana kartu tersebut memiliki masing-masing kelebihan. Prospek peluang pasar yang potensial dan kebutuhan yang tinggi akan komunikasi, menjadikan suatu bisnis jasa telkomunikasi memiliki daya magnet yang tinggi. Namun, dikarenakan banyaknya pesaing dalam bisnis ini
maka Telkomsel selalu memberikan terobosan-terobosan terbaru seperti salah satunya jaringan 4G.Agar posisi perusahaan Telkomsel bisa bertahan ideal maka perusahaan harus memahami karakteristik konsumen mereka dan memahami bagaimana konsumen agar
menjadi loyal terhadap produk kartu seluler.Loyal tidaknya konsumen terhadap suatu merek sangat bergantung pada kemampuan manajemen perusahaan dalam mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi kesetiaan merek. Strategi yang berlaku sekarang merupakan usaha perusahaan dalam persaingan dengan menggunakan kesempatan atau peluang pasar melalui usaha membina dan meningkatkan
faktor-faktor yang mempengaruhi kesetiaan konsumen terhadap merek, antara lain melalui satisfaction, habitual behavior, commitment,and liking of the brand sehingga peran perusahaan dipasar dapat ditingkatkan.
Pada penelitian ini memiliki populasi yang sangat besar (tidak diketahui). Menurut Sekaran (2005) penentuan jumlah sampel pada populasi yang sangat besar (tidak diketahui),
dapat menggunakan penelitian multivariate (termasuk analisis regresi berganda) dimana ukuran sampel sebaiknya beberapakali (lebih disukai 10 kali atau lebih) lebih besar dari jumlah varaibel dalam studi, maka ukuran sampel yang ideal dan representatif adalah
tergantung padajumlah variabel dikalikan 15 sampai 20. Dengan demikian sampel minimal untuk penelitian ini yang memiliki 2 bebas dan 1 variabel terikat, sehingga sampel menjadi sebanyak 3x20 = 60 orang, dan untuk menghindari sampling eror maka jumlah sampel
dijadikan sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian harga dan promosi terhadap loyalitas pengguna kartu simpati menunjukan bahwa harga dan promosi berpaengaruh terhadap loyalitas pengguna kartu
simpati.
Kata Kunci : Teori Loyalitas, harga dan promosi