PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA KARTU SIMPATI (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA)

Authors

  • Muhammad Rezki Salmi
  • Dhanil Johar
  • . Irda

Abstract

Jasa  telkomunikasi  di  Indonesia  mengalami  suatu  perkembangan  yang  cukup pesat.Hal  ini  dapat  dilihat  dengan  banyak  operator  seluler  yang  beroperasi  dan  bersaing dalam bisnis penyedia jasa telkomunikasi. Salah satunya adalah Telkomsel dimana telkomsel menyediakan fasilitas layanan seperti  Simpati, As, dan Kartu Pasca Prabayar Hallo, dimana kartu tersebut memiliki masing-masing kelebihan. Prospek peluang pasar yang potensial dan kebutuhan  yang  tinggi  akan  komunikasi,  menjadikan  suatu  bisnis  jasa  telkomunikasi memiliki daya magnet yang tinggi. Namun, dikarenakan banyaknya pesaing dalam bisnis ini
maka  Telkomsel  selalu  memberikan  terobosan-terobosan  terbaru  seperti  salah  satunya jaringan  4G.Agar  posisi  perusahaan  Telkomsel  bisa  bertahan  ideal  maka  perusahaan  harus memahami  karakteristik  konsumen  mereka  dan  memahami  bagaimana  konsumen  agar
menjadi loyal terhadap produk kartu seluler.Loyal tidaknya konsumen terhadap suatu merek sangat bergantung pada kemampuan manajemen perusahaan dalam mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi kesetiaan merek. Strategi  yang  berlaku  sekarang  merupakan  usaha  perusahaan  dalam  persaingan  dengan menggunakan  kesempatan  atau  peluang  pasar  melalui  usaha  membina  dan  meningkatkan
faktor-faktor  yang  mempengaruhi  kesetiaan  konsumen  terhadap  merek,  antara  lain  melalui satisfaction,  habitual  behavior,  commitment,and  liking  of  the  brand  sehingga  peran perusahaan dipasar dapat ditingkatkan.
Pada  penelitian  ini  memiliki  populasi  yang  sangat  besar  (tidak  diketahui).  Menurut Sekaran  (2005) penentuan jumlah sampel pada populasi yang  sangat besar (tidak diketahui),
dapat  menggunakan  penelitian  multivariate  (termasuk  analisis  regresi  berganda)  dimana ukuran  sampel  sebaiknya  beberapakali  (lebih  disukai  10  kali  atau  lebih)  lebih  besar  dari jumlah  varaibel  dalam  studi,  maka  ukuran  sampel  yang  ideal  dan  representatif  adalah
tergantung padajumlah variabel dikalikan 15 sampai 20. Dengan demikian sampel minimal untuk penelitian ini yang memiliki 2 bebas dan 1 variabel terikat, sehingga sampel menjadi sebanyak  3x20  =  60  orang,  dan  untuk  menghindari  sampling  eror  maka  jumlah  sampel
dijadikan sebanyak 100 responden.
Hasil  penelitian  harga  dan  promosi  terhadap  loyalitas  pengguna  kartu  simpati menunjukan  bahwa  harga  dan  promosi  berpaengaruh  terhadap  loyalitas  pengguna  kartu
simpati.


Kata Kunci : Teori Loyalitas, harga dan promosi

Published

2017-07-13