PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI KARYAWAN, STORE ATMOSPHERE DAN LOKASI TOKO TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BERBELANJA PADA KADAI PAPI CONVENIENCE STORE PADANG

Authors

  • Silvia Gusriani
  • Dahliana Kamener
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Loyalitas  pelanggan  merupakan  faktor  yang  dapat  memberikan  berbagai keuntungan  bagi  pemasar.  Imbalan  dari  loyalitas  bersifat  jangka  panjang  dan kumulatif,  semakin  lama  loyalitas  seorang  konsumen  semakin  besar  pula  laba yang  didapat  dari  konsumen  itu,  sebaliknya  beralihnya  konsumen  dapat merugikan  perusahaan  karena  biaya  untuk  melayani  dan  menjual  barang  ke konsumen lama lebih rendah dibandingkan dengan konsumen baru.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh Kualitas Komunikasi Karya wan, Store Atmosphere  dan  Lokasi  Toko  Terhadap  Loyalitas  Pelanggan  Berbelanja  Pada Kadai  Papi  Convenience  Store  Padang.  Penelitian  ini  menggunakan  sampel sebanyak  100  orang  responden.  Analisis  estimator  pengujian  hipotesis menggunakan SPSS statistics 17.0.
Penelitian ini menggunakan satu variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan dan tiga  variabel  independen  yaitu  kualitas  komunikasi  karyawan,  store  atmosphere dan  lokasi  toko.  Metode  analisis  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS statistics 17.0.
Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  ditemukan  bahwa  kualitas  komunikasi karyawan  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  loyalitas  pelanggan berbelanja  pada  Kadai  Papi  Convenience  Store  Padang.  Store  atmosphere  dan lokasi toko tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan berbelanja pada Kadai Papi Convenience Store Padang.


Kata kunci : Kualitas  komunikasi  karyawan,  store  atmosphere,  lokasi  toko  dan  loyalitas pelanggan

Published

2017-07-13