PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI KARYAWAN, STORE ATMOSPHERE DAN LOKASI TOKO TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BERBELANJA PADA KADAI PAPI CONVENIENCE STORE PADANG
Abstract
Loyalitas pelanggan merupakan faktor yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pemasar. Imbalan dari loyalitas bersifat jangka panjang dan kumulatif, semakin lama loyalitas seorang konsumen semakin besar pula laba yang didapat dari konsumen itu, sebaliknya beralihnya konsumen dapat merugikan perusahaan karena biaya untuk melayani dan menjual barang ke konsumen lama lebih rendah dibandingkan dengan konsumen baru.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh Kualitas Komunikasi Karya wan, Store Atmosphere dan Lokasi Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Berbelanja Pada Kadai Papi Convenience Store Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang responden. Analisis estimator pengujian hipotesis menggunakan SPSS statistics 17.0.
Penelitian ini menggunakan satu variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan dan tiga variabel independen yaitu kualitas komunikasi karyawan, store atmosphere dan lokasi toko. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS statistics 17.0.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa kualitas komunikasi karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan berbelanja pada Kadai Papi Convenience Store Padang. Store atmosphere dan lokasi toko tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan berbelanja pada Kadai Papi Convenience Store Padang.
Kata kunci : Kualitas komunikasi karyawan, store atmosphere, lokasi toko dan loyalitas pelanggan