PENGARUH DESAIN PRODUK, DIFERENSIASI PRODUK, SALES PROMOTION DAN BRAND AWARANESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA BR-V DI KOTA PADANG
Abstract
Keputusan pembelian yang dilakukan oleh setiap konsumen tentulah berbeda-beda sesuai dengan jenis apa yang mereka butuhkan atau sesuai dengan keputusan pembeliannya, semakin kompleks kebutuhan membeli sesuatu, kemungkinan akan banyak melibatkan
pertimbangan pembelian. Desain produk merupakan totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan dan fungsi suatu produk tertentu menurut yang diisyaratkan dari segi kebutuhan pelanggan. Diferensiasi produk merupakan tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahan dan tawaran pesaing. Sales promotion merupakan sebuah bujukan langsung yang menawarkan nilai lebih atau insentif dari sebuah produk kepada tenaga penjual, distributor, atau konsumen akhir dengan tujuan utama untuk menciptakan pembelian langsung. Kesadaran merek dapat diartikan sebagai kekuatan sebuah
merek untuk dapat diingat kembali oleh konsumen dan dapat dilihat dari kemampuan konsumen itu sendiri untuk mengidentifikasi merek dalam berbagai kondisi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kotler dan Armstrong. Kotler dan Armstrong menyatakan bahwa keputusan pembelian adalah konsumen akan membeli merek
yang paling disukai, tetapi ada dua faktor yang muncul diantara kecenderungan pembelian dan keputusan pembelian, yaitu: sikap orang lain dan situasi yang tak terduga.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 konsumen atau pelanggan yang menggunakan mobil honda BR-V. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda namun terlebih dahulu data harus melewati uji sasumsi klasik.
Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah desain produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, diferensiasi produk berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian, sales promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, brand awaraness berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kesimpulan dalam penelitian menemukan bahwa variabel desain produk, diferensiasi produk, sales promotion, dan brand awaraness berpengaruh terhadap keputusan pembelian
mobil honda BR-V di kota Padang.
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Desain Produk, Diferensiasi Produk, Sales Promotion, Brand Awaranes, Kotler dan Armstrong