PENGARUH DESAIN PRODUK, DIFERENSIASI PRODUK, SALES PROMOTION DAN BRAND AWARANESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA BR-V DI KOTA PADANG

Authors

  • Olgi Prananda Juspa
  • Dahliana Kamener
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Keputusan  pembelian  yang  dilakukan  oleh  setiap  konsumen  tentulah  berbeda-beda sesuai dengan jenis apa yang mereka butuhkan atau sesuai dengan keputusan pembeliannya, semakin  kompleks  kebutuhan  membeli  sesuatu,  kemungkinan  akan  banyak  melibatkan
pertimbangan  pembelian.  Desain  produk  merupakan totalitas  fitur  yang  mempengaruhi penampilan dan fungsi suatu produk tertentu menurut yang diisyaratkan dari segi kebutuhan pelanggan. Diferensiasi produk merupakan tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk  membedakan  tawaran  perusahan  dan  tawaran  pesaing. Sales  promotion merupakan sebuah bujukan langsung yang menawarkan nilai lebih atau insentif dari sebuah produk kepada tenaga penjual, distributor, atau konsumen akhir dengan tujuan utama untuk menciptakan pembelian langsung. Kesadaran merek dapat diartikan sebagai kekuatan sebuah
merek  untuk  dapat  diingat  kembali  oleh  konsumen  dan  dapat  dilihat  dari  kemampuan konsumen itu sendiri untuk mengidentifikasi merek dalam berbagai kondisi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kotler dan Armstrong. Kotler dan Armstrong menyatakan bahwa keputusan pembelian adalah konsumen akan membeli merek
yang  paling  disukai,  tetapi  ada  dua  faktor  yang  muncul  diantara  kecenderungan  pembelian dan keputusan pembelian, yaitu: sikap orang lain dan situasi yang tak terduga.
Sampel  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  sebanyak  75  konsumen  atau pelanggan  yang  menggunakan  mobil  honda  BR-V.  Metode  penelitian  ini  menggunakan analisis regresi linear berganda namun terlebih dahulu data harus melewati uji sasumsi klasik.
Hasil  yang  di  peroleh  dari  penelitian  ini  adalah  desain  produk  berpengaruh  positif terhadap  keputusan  pembelian,  diferensiasi  produk  berpengaruh  positif  terhadap  keputusan
pembelian,  sales  promotion  berpengaruh  positif  terhadap  keputusan  pembelian,  brand awaraness berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kesimpulan dalam penelitian menemukan bahwa variabel desain produk, diferensiasi produk,  sales  promotion,  dan  brand  awaraness berpengaruh terhadap keputusan  pembelian
mobil honda BR-V di kota Padang.


Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Desain Produk, Diferensiasi Produk, Sales Promotion, Brand Awaranes, Kotler dan Armstrong

Published

2017-07-13