PEMETAAN GAYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE DI SITUS JUAL BELI ONLINE DI KOTA PADANG

Authors

  • Wiwin Putri Dwi Helda
  • . Lindawati
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Dengan  banyaknya  jenis  situs  jual  beli  online  yang  ada,  membuat  konsumen  harus semakin selektif dalam memilih situs jual beli  online  sebagai tempat berbelanja. Banyaknya
situs  yang  menjual  produk  yang  sama  membuat  konsumen   cukup  sulit  membedakan  situs yang  dapat  dipercaya  atau  tidak.   Disamping  itu,  setiap  situs   menawarkan  pelayanan tersendiri  untuk  pelanggannya.   Dengan  demikian,  hendaknya  hal  tersebut  dapat   menarik
perhatian  konsumen  dan  tentu  saja  agar  konsumen  bersedia  membeli  produk  yang ditawarkannya.
Schiffman  dan  Kanuk  (2007:  485)  mendefenisikan  bahwa  keputusan  adalah  seleksi terhadap dua pilihan alternatif atau lebih.  Dengan kata lain, pilihan alternatif harus tersedia
bagi seseorang ketika mengambil keputusan. Gaya pengambilan keputusan perfeksionis sadar akan  merek,  kesadaran  akan  gaya  terbaru,  konsumen  yang  hedonis,  kesadaran  harga, keputusan  impulsif,  keputusan  yang  bingung  oleh  pilihan  yang  banyak,  keputusan  karena
kebiasaan.Objek  penelitian  hanya  dibatasi  pada  konsumen  yang  berbelanja  produk  fashion secara  online  di  situs  jual  beli  online  dan  lokasi  penelitian  adalah  di  Kota  Padang.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode analisis yang dilakukan adalah UjiInstrumenPenelitian dan Uji Chi Square Test.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  dikemukakan,  bahwa  tidak  terdapat  perbedaan yang  signifikan  dari  gaya  pengambilan  keputusan  pembelian  pada   produk  fashion  secara online  di  situs  jual  beli  online  Padang.  Produk  fashion  khususnya  pakaian,  sepatu  dan aksesoris hendaknya lebih diperhatikan segmentasi demografis calon konsumen, khususnya pada segmentasi umur, penghasilan/uang saku tiap bulan serta pekerjaan.


Kata Kunci : Gaya Pengambilan Keputusan, sadar akan merek, kesadaran akan gaya terbaru, konsumen yang hedonis, kesadaran harga

Published

2017-07-13