PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Perusahaan Sub Sektor Logam dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2015)
Abstract
Nilai perusahaan merupakan kondisi tertentu yang telah dicapai oleh suatu perusahaan sebagai gambaran dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan setelah melalui suatu proses kegiatan selama beberapa tahun, yaitu sejak
perusahaan didirikan sampai dengan saaat ini. Tujuan perusahaa n yaitu untuk meningkatkan nilai perusahaan pada dasarnya merupakan cerminan nilai saat ini dari pendapatan yang diinginkan dimasa mendatang dan indikator bagi pasar dan menilai perusahaan secara keseluruhan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan, struktur modal, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap nilai perusahaan sub sektor logam dan sejenisnya. Objek penelitian yaitu perusahaan
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan data sekunder. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia subsektor logam dan
sejenisnya dengan menggunakan laporan keuangan tahun 2011- 2015.
Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan istilah lain metode sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel.Populasi perusahaan adalah 13 perusahaan, sampel sebanyak 13 perusahaan
subsektor logam dan seje nisnya di Bursa Efek Indonesia. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, struktur modal  berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, serta pertumbuhan penjualan berpengaruh positif terhadap nilai
perusahaan pada perusahaan sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci : ukuran perusahaan, struktur modal, pertumbuhan penjualan, nilai perusahaan