PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP HEWLETT PACKARD (STUDI KASUS MAXINDO PADANG)

Authors

  • Ardy Fitra
  • Dhanil Johar
  • Reni Yuliviona

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendapatkan  bukti  empiris  pengaruh perilaku  kosumen  dan   kesadaran  merek  terhadap  keputusan  pembelian  laptop merek  Hewlett  Packard  di  Maxindo  Padang.  Ukuran  sampel  yang  digunakan berjumlah  100  orang  responden  yang  dipilih  dengan  menggunakan  metode purposive sampling.
Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada target responden yang memenuhi kriteria  yaitu  konsumen  yang  melakukan  pembelian  Laptop  HP  di  Maxindo
Padang  dan konsumen berusia antara 15  -  60 tahun dan berdomisili disekitar kota Padang yang pernah berbelanja di maxindo.
Sesuai    variabel    yang  digunakan  dalam  penelitian  dapat  dikelompokan menjadi dua kelompok utama. Variabel pertama adalah dependen yaitu keputusan pembelian  laptop  merek  Hewlett  Packard  di  Maxindo  Padang.  Variabel  kedua
adalah  independen  yang  terdiri  dari  perilaku  kosumen  dan   kesadaran  merek. Metode analisis  yang  gunakan    peneliti untuk membuktikan kebenaran hipotesis
adalah analisis regresi  berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan dengan menggunakan bantuan program SPSS.
Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  yang  dilakukan  dengan menggunakan  bantuan  program  SPSS  ditemukan  bahwa  perilaku  konsumen  dan kesadaran  merek  secara  individual  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan
pembelian  mempengaruhi  laptop  merek  Hewlett  Packard  di  Maxindo  Padang.
sesuai  dengan  hasil  pengujian  hipotesis  yang  diperoleh  dapat  dibuat  sejumlah implikasi  penting  bagi  Pihak  Maxindo  Padang  sebaiknnya  meningkatkan perhatian  terhadap  perilaku  konsumen  dan  kesadaran  merek  karena  dari  hasil penelitian  terbukti  bahwa  kedua  variabel   tersebut  berpengaruh  signifikan terhadap keputusan pembelian laptop merek Hawlett Packard di Maxindo Padang.
Dengan terus meningkatkan desain produk dan  promosi laptop Hawlett  Packard melalui selebaran-selabaran atau melalui berbagai media yang bisa dijangkau oleh konsumen yang dituju.
Kata Kunci : Perilaku Konsumun, Kesadaran Merek, Keputusan Pembeliaan

Published

2017-07-13