PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP HEWLETT PACKARD (STUDI KASUS MAXINDO PADANG)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh perilaku kosumen dan  kesadaran merek terhadap keputusan pembelian laptop merek Hewlett Packard di Maxindo Padang. Ukuran sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling.Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada target responden yang memenuhi kriteria yaitu konsumen yang melakukan pembelian Laptop HP di Maxindo
Padang dan konsumen berusia antara 15 - 60 tahun dan berdomisili disekitar kota Padang yang pernah berbelanja di maxindo.
Sesuai   variabel   yang digunakan dalam penelitian dapat dikelompokan menjadi dua kelompok utama. Variabel pertama adalah dependen yaitu keputusan pembelian laptop merek Hewlett Packard di Maxindo Padang. Variabel kedua
adalah independen yang terdiri dari perilaku kosumen dan  kesadaran merek. Metode analisis yang gunakan   peneliti untuk membuktikan kebenaran hipotesis
adalah analisis regresi berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan dengan menggunakan bantuan program SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS ditemukan bahwa perilaku konsumen dan kesadaran merek secara individual berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian mempengaruhi laptop merek Hewlett Packard di Maxindo Padang.
sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dapat dibuat sejumlah implikasi penting bagi Pihak Maxindo Padang sebaiknnya meningkatkan perhatian terhadap perilaku konsumen dan kesadaran merek karena dari hasil penelitian terbukti bahwa kedua variabel  tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian laptop merek Hawlett Packard di Maxindo Padang.
Dengan terus meningkatkan desain produk dan promosi laptop Hawlett Packard melalui selebaran-selabaran atau melalui berbagai media yang bisa dijangkau oleh konsumen yang dituju.
Kata Kunci : Perilaku Konsumun, Kesadaran Merek, Keputusan Pembeliaan
Downloads
Published
2017-07-13