PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CITRA SWALAYAN GUNUNG PANGILUN PADANG
Abstract
Perkembangan industri ritel saat ini meningkat dengan cepat, karena sifatnya yang dinamis. Pemilik bisnis ritel terutama toko harus mampu mengantisipasi persaingan-persaingan yang terusmenerus terjadi pada era sekarang ini. Cara meningkatkan persaingan tersebut adalah dengan melakukan inovasi baru pada bisnis yang sedang dikelola ataupun inovasi pada bisnis baru. Inovasi -inovasi tersebut
hendaknya disesuaikan dengan perkembangan gaya hidup (Lifestyle) masyarakat saat ini. Impulse Buying adalah perilaku berbelanja yang terjadi secara tidak terencana dalam keadaan pembuatan keputusan secara cepat tanpa memikirkan akibat. Store Atmosphere adalah suasana terencana yang sesuai dengan sasarannya dan yang akan menarik minat konsumen untuk membeli. Shopping
Emotion dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu pleasure arousal dan dominance.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion sebagai variabel intervening pada Citra Swalayan Gunung Pangilun Padang.
Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah berbelanja yang belum mereka rencanakan sebelumnya, di Citra Swalayan Gunung Pangilun Padang. Sampel penelitian adalah konsumen yang telah berbelanja yang belum mereka rencanakan sebelumnya di Citra Swalayan Gunung Pangilun Padangberjumlah 100 responden. Teknik analisis data adalah purposive sampling. Jenis data adalah data primer
melalui kuesioner. Peneliti menggunakan analisis deskriptif, asumsi klasik, analisis regresi dan statistik uji t.
Hasilnya menunjukkan bahwa Store Atmosphere dan Shopping Emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying pada Citra Swalayan Gunung Pangilun Padang. Shopping Emotion sebagai variabel intervening antara Store Atmosphere dengan Impulse Buying secara parsial pada Citra Swalayan Gunung Pangilun Padang.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Shopping Emotion, Impulse Buying