PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CITRA SWALAYAN GUNUNG PANGILUN PADANG

Authors

  • Zandri Warizona
  • Dahliana Kamener
  • Ice Kamela

Abstract

Perkembangan  industri  ritel  saat  ini  meningkat  dengan  cepat,  karena  sifatnya  yang  dinamis. Pemilik  bisnis  ritel  terutama  toko  harus  mampu  mengantisipasi  persaingan-persaingan  yang  terusmenerus terjadi pada era  sekarang ini. Cara  meningkatkan  persaingan  tersebut adalah dengan melakukan inovasi baru pada bisnis yang sedang dikelola ataupun inovasi pada bisnis baru. Inovasi -inovasi tersebut
hendaknya disesuaikan dengan perkembangan gaya hidup (Lifestyle) masyarakat saat ini. Impulse  Buying  adalah  perilaku  berbelanja  yang  terjadi  secara  tidak  terencana  dalam  keadaan pembuatan keputusan secara cepat tanpa memikirkan akibat.  Store Atmosphere  adalah suasana terencana yang  sesuai  dengan  sasarannya  dan  yang  akan  menarik  minat  konsumen  untuk  membeli.  Shopping
Emotion dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu pleasure arousal dan dominance.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Store Atmosphere  terhadap  Impulse Buying dengan  Shopping  Emotion  sebagai  variabel intervening  pada Citra Swalayan Gunung Pangilun Padang.
Populasi  penelitian  ini  adalah  konsumen  yang  telah  berbelanja  yang  belum  mereka  rencanakan sebelumnya, di Citra Swalayan Gunung Pangilun Padang. Sampel penelitian adalah konsumen yang telah berbelanja  yang  belum  mereka  rencanakan  sebelumnya  di  Citra  Swalayan  Gunung  Pangilun  Padangberjumlah 100 responden. Teknik analisis data adalah purposive sampling. Jenis data adalah data primer
melalui kuesioner. Peneliti menggunakan analisis deskriptif, asumsi klasik, analisis regresi dan statistik uji t.
Hasilnya menunjukkan bahwa  Store Atmosphere  dan  Shopping Emotion  berpengaruh positif dan signifikan  terhadap  Impulse  Buying  pada  Citra  Swalayan  Gunung  Pangilun  Padang.  Shopping  Emotion sebagai variabel intervening antara  Store Atmosphere  dengan  Impulse Buying  secara parsial  pada Citra Swalayan Gunung Pangilun Padang.


Kata Kunci : Store Atmosphere, Shopping Emotion, Impulse Buying

Published

2017-07-13