PENGARUH FASILITAS, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGUNJUNGI CAFÉ MALIOBORO DI KOTA PADANG
Abstract
Perkembangan bisnis usaha kuliner di Sumatera Barat menjadikan Kota Padang salah tempat tujuan kuliner bagi wisatawan, keberadaan kafe yang menjal berbagai jenis makanan menjadi daya tarik utama dari Kota Padang. Permasalahan yang muncul siklus hidup dari café relatif pendek, dimana sebagian besar café hanya berkembang selama 3 bulan hingga 12 bulan,
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh fasilitas, lokasi dan pelayanan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Café Malioboro di Kota Padang. Ukuran sampel yang digunakan berjumlah 100 orang
responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada target responden yang memenuhi kriteria.
Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian dapat dikelompokan menjadi dua kelompok utama. Variabel pertama adalah dependen yaitu keputusan konsumen mengujungi Café Malioboro. Variabel kedua adalah independen yang terdiri dari fasilitas, lokasi dan kualitas pelayanan. Metode analisis yang peneliti gunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah analisis regresi berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan dengan
menggunakan bantuan program SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS ditemukan bahwa fasilitas dan lokasi secara individual berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen mengunjungi
Café Malioboro di Kota Padang sedangkan pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Café Malioboro di Kota Padang.
Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dapat dibuat sejumlah implikasi penting bagi mengelola Café Malioboro, dalam hal ini pengelola café untuk terus menjaga kelengkapan fasilitas didalam café, seperti
fasilitas penunjang kenyamanan didalam café yang meliputi imterior dan ekstrior café yang nyaman hinga fasilitas media seperti sarana menonton hingga live music. Semakin lengkap fasilitas kenyamanan yang ditawarkan didalam café akan mendorong menguatnya keputusan konsumen untuk mengunjungi Café Malioboro Padang.
Kata Kunci Fasilitas, Lokasi, Pelayanan dan Keputusan Konsumen Mengunjungi Café