PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK NAGARI CABANG SIJUNJUNG
Abstract
Loyalitas nasabah merupakan faktor penting bagi keberlangsungan eksistensi bank, akan tetapi menjadikan nasabah loyal bukanlah hal yang mudah terlebih tingginya tingkat persaingan yang terjadi pada dunia perbankan saat ini . Di Bank Nagari Kantor Cabang Sijunjung jumlah nasabah yang menabung dari bulan Juli hingga Desember 2016 mengalami peningkatan akan tetapi jumlah nasabah yang aktif bertransaksi setiap bulannya mengalami penurunan. Hal ini dapat dikatakan bahwa tingkat loyalitas dari nasabah Bank Nagari Kantor Cabang Sijunjung kurang, karena nasabah yang loyal mempunyai komitmen untuk melakukan transaksi berulang terhadap produk yang ditawarkan oleh Bank Nagari Kantor Cabang Sijunjung. Menurunnya loyalitas nasabah Bank Nagari Kantor Cabang Sijunjung diduga karena ada pengaruh dari kualitas pelayanan dan nilai nasabah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas nasabah Bank Nagari Cabang Sijunjung.
Objek dari ini penelitian adalah Bank Nagari Cabang Sijunjung, sementara populasinya adalah seluruh nasabah Bank Nagari Cabang Sijunjung. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jenis data dalam penilitian yaitu data primer dan data sekunder. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari kualitas pelayanan dan nilai pelanggan, sementara variabel terikatnya adalah loyalitas.
Pada penelitian ini mengunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan menggunakan uji t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan.
Penelitian ini menghasilkan temuan secara parsial bahwa kualitas pelayanan dan nilai nasabah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Nagari Cabang Sijunjung. Secara simultan variabel independen dalam penelitian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu hipotesis 1 dan hipotesis 2 diterima, karena variabel bebas yang terdiri dari kualitas pelayanan dan nilai nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Nagari Cabang Sijunjung
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Nilai pelanggan, dan Loyalitas