PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK NAGARI CABANG SIJUNJUNG

Authors

  • Febriyani Syahadati
  • . Lindawati
  • Mery Trianita

Abstract

Loyalitas  nasabah  merupakan  faktor  penting  bagi  keberlangsungan  eksistensi bank,  akan  tetapi  menjadikan  nasabah  loyal  bukanlah  hal  yang  mudah  terlebih tingginya tingkat persaingan yang terjadi pada dunia perbankan saat ini . Di Bank Nagari Kantor Cabang  Sijunjung jumlah nasabah yang menabung  dari bulan Juli hingga Desember 2016 mengalami peningkatan akan tetapi jumlah nasabah yang aktif bertransaksi setiap bulannya mengalami penurunan. Hal ini dapat dikatakan bahwa  tingkat  loyalitas  dari  nasabah  Bank  Nagari  Kantor  Cabang  Sijunjung kurang,  karena  nasabah  yang  loyal  mempunyai  komitmen  untuk  melakukan transaksi  berulang  terhadap  produk  yang  ditawarkan  oleh  Bank  Nagari  Kantor Cabang  Sijunjung.  Menurunnya  loyalitas  nasabah  Bank  Nagari  Kantor  Cabang Sijunjung diduga karena ada pengaruh dari kualitas pelayanan dan nilai nasabah.
Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk  menganalisis  pengaruh kualitas pelayanan dan  nilai  pelanggan  terhadap  loyalitas  nasabah  Bank  Nagari  Cabang  Sijunjung.
Objek  dari  ini  penelitian  adalah  Bank  Nagari  Cabang  Sijunjung,  sementara populasinya  adalah  seluruh  nasabah  Bank  Nagari  Cabang  Sijunjung.  Adapun jumlah  sampel  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  sebanyak  100  orang responden  dengan  teknik  pengambilan  sampel  yaitu  purposive  sampling.  Jenis data  dalam  penilitian  yaitu  data  primer  dan  data  sekunder.  Variabel  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  variabel  bebas  yang  terdiri  dari  kualitas pelayanan  dan  nilai  pelanggan,  sementara  variabel  terikatnya  adalah  loyalitas.
Pada  penelitian  ini  mengunakan  teknik  analisis  data  yaitu  analisis  regresi berganda,  uji  hipotesis  dengan  menggunakan  uji  t-statistik  untuk  menguji koefisien regresi secara parsial dan uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan.
Penelitian ini menghasilkan temuan secara parsial bahwa  kualitas pelayanan dan nilai nasabah secara parsial  berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah  Bank  Nagari  Cabang  Sijunjung.  Secara  simultan  variabel  independen dalam penelitian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu  hipotesis 1 dan hipotesis 2 diterima, karena variabel bebas yang terdiri dari kualitas pelayanan dan nilai nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Nagari Cabang Sijunjung


Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Nilai pelanggan, dan Loyalitas

Published

2017-07-13