PENGARUH ALOKASI PAJAK ANTAR PERIODE, PERSISTENSI LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Authors

  • Taufan Fadillah
  • . Herawati
  • Mukhlizul Hamdi Hamdi

Abstract

Di Indonesia permasalahan tentang kualitas atas informasi laba ini sering terjadi sehingga menyebabkan turunnya kepercayaan investor terhadap kualitas laba. Beberapa kasus yang terjadi diantaranya kasus Kinerja PT Astra International Tbk (ASII) sepanjang tahun 2015 terkoreksi di tengah beratnya tantangan bisnis yang dihadapi perseroan. Laba bersih ASII turun 25% secara tahunan menjadi Rp 14,46 triliun.
Penelitian ini merupakan modifikasi dari penelitian Hapsari (2014) dan Apriliana (2014). Pada penelitian saat ini peneliti mengajukan beberapa perbedaan, pertama adalah menambah satu variabel independen baru yang mempengaruhi kualitas laba yaitu ukuran perusahaan yang telah digunakan Apriliana (2014). Perbedaan kedua adala periode penelitian yang relatif panjang dari penelitian sebelumnya dan penelitian ini menggunakan data terbaru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agensi, Teori agensi mengasumsikan bahwa individu bertindak atas kepentingan mereka sendiri dan agen (manajer perusahaan) diasumsikan menerima kepuasan bukan saja dari kompensasi keuangan tetapi juga dari syarat-syarat yang terlibat dalam hubungan keagenan,seperti jumlah waktu luang, kondisi kerja yang menarik,keanggotaan klub dan jam kerja yang fleksibel. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari 2011 sampai 2015. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari website Indonesia Stock Exchange www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan alat uji analisis regresi berganda. Hasil uji regresi mengindikasikan bahwa pajak antar periode tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba sementara persistensi laba dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba.
Kata kunci : Alokasi pajak antar periode, persistensi laba, ukuran perusahaan, kualitas laba.

Published

2017-07-14