PENGARUH STRATEGI BISNIS TERHADAP KINERJA KOPERASI : PENYELARASAN STRATEGI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Amanda Citra Pramesswary
  • . Zaitul
  • . Herawati

Abstract

Strategi bisnis dapat memainkan peran pada kinerja dalam menentukan hasil perusahaan, tetapi penelitian strategi bisnis terhadap kinerja koperasi melalui penyelarasan strategi pada kota Padang masih terbatas. Kinerja koperasi diukur untuk melihat perkembangan atau pertumbuhan koperasi di Indonesia yang terdiri dari kelembagaan, keanggotaan, volume usaha, permodalan, aset dan sisa hasil usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh strategi bisnis terhadap kinerja koperasi melalui penyelarasan strategi sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini menggunakan teori Michael E. Porter dan Goal Setting Theory. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat replikasi. Sampel dalam penelitian ini adalah koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi kota Padang. Jenis data primer di lakukan dengan cara menyebarkan kuesioner sebanyak 97 kuesioner, namun kuesioner yang kembali sebanyak 61 kuesioner dengan tingkat pengembalian 62,87%. Teknik pengambilan sampel total sampling. Alat uji analisis yang digunakan regresi linear berganda, regresi linier sederhana dan uji sobel test dengan menggunakan uji R2 , T dan F.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepemimpinan biaya berpengaruh terhadap penyelarasan strategi dan strategi diferensiasi berpengaruh terhadap kinerja, sedangkan hipotesis lainnya ditolak .
Keterbatasan penelitian berkaitan dengan keterbatasan waktu penelitian, maka peneliti membatasi waktu hanya meneliti koperasi di kota Padang. Peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan wawancara langsung kepada responden sehingga data yang diperoleh tidak hanya kuesioner saja.
Kunci : Strategi kepemimpinan Biaya, Strategi Diferensiasi, Penyelarasan Strategi dan Kinerja

Published

2017-07-14