PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA TOKO FREE AND STYLE

Authors

  • Nadia Ardila Safitri
  • Ice Kamela
  • . Lindawati

Abstract

Semakin  berkembangnya  zaman  kebutuhan manusiapun  semakin  meningkat  begitu halnya  dengan  penampilan,  dimana  dulu  manusia  tidak  begitu  memperhatikan  penampilan mereka, tetapi sekarang penampilan bagi manusia merupakan jati diri Bagi perempuan fashion dapat dikatakan suatu bentuk pengekspresian diri, oleh karena itu perempuan selalu mengikuti perkembang fashion yang ada baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Kaum perempuan akan
berusaha mengikuti trend fashion  yang sedang digandrungi supaya tidak  dianggap ketinggalan zaman. Pembelian  impulsif rentan  terjadi  pada  konsumen  yang  rata-rata  remaja  karena  remaja dalam  berbelanja  mudah  terpengaruh  oleh  rayuan  penjual. Cara  konsumen  dalam  berbelanja untuk  memenuhi  kebutuhannya  semakin  mengalami  peningkatan,  hal  ini  menunjukan  bahwa berbelanja telah menjadi sebuah gaya hidup untuk kebanyakan orang saat ini.
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk menganalisis pengaruh hedonic  shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulsive buying pada toko Free and Style. Populasi
penelitian ini adalah seluruh pembeli yang berkunjung di Toko Free and Style. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden. Sedangkan metode  sampling  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  menggunakan  metode purposive
sampling dimana  pengambilan  sampel  dilakukan  berdasarkan  pertimbangan  individu  atau pertimbangan peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Bedasarkan  hasil  penelitian  dan  pembahasan  maka  dapat  disampaikan  beberapa kesimpulan penelitian sebagai berikut Variabel hedonic shopping motivation berpengaruh positif
dan signifikan terhadap impulsive buying behavior di Toko Free and Style .Variabel shopping lifestyle berpengaruh positif  dan  signifikan  terhadap impulseive  buying  behavior di Toko  Free
and Style .
Kata kunci : Hedonic Shopping Motivation , Shopping Lifestyle , Impulsive Buying

Published

2017-07-14