PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MEMBER FITNESS GOLD DI KOTA PADANG

Authors

  • Juli Hendra
  • Dahliana Kamener
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Dewasa ini banyak orang mulai  memperhatikan kesehatan. Tidak mengherankan jika saat ini begitu banyak gerai-gerai seperti  fitness center,  sanggar senam, serta beragam toko olahraga yang hadir ditengah masyarakat yang berlomba untuk membuat konsumen merasa puas dengan kualitas jasa yang diberikan. Kepuasan  merupakan  perasaan  senang  atau  kecewa  seseorang  yang  timbul  karena membandingkan  kinerja  yang  dipersepsikan  produk  (atau  asli)  terhadap  ekspektasi  mereka. (Kotler dan keller  2009) pada  experiental marketing  menyatakan bahwa pemasar  menawarkan produk  dan  jasanya  dengan  merangsang  unsur-unsur  emosi  konsumen  yang  menghasilkan berbagai pengalaman bagi konsumen (Schmitt dalam Amir,2007). Sedangkan kualitas diaanggap sebagai  ukuran  kesempurnaaan  sebuah  produk  atau  jasa  yang  terdiri  dari  ku alitas  desain  dan kualitas kesesuaian / conformance quality (Tjiptono & Chandra, 2011).
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  membuktikan  dan  menganalisis  pengaruh  Experiental Marketing  dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan  Fitness Gold  di Kota Padang.
Objek penelitian adalah Fitness Gold di Kota Padang. Populasi  adalah  seluruh  member  Fitness  Gold  di  Kota  Padang.  Sampel  penelitian berjumlah  138  orang  member  Fitness  Gold  di  Kota  Padang.  Teknik  yang  digunakan  dalam
pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari penyebaran kuisioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Parsial (Uji-t).
Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variable bebas  Experiental Marketing dan  Kualitas  Pelayanan  terhadap  kepuasan  pelanggan  member  Fitness  Gold  di  Kota  Padang secara parsial.


Kata Kunci : Experiental Marketing, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Published

2017-07-14