PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MEMBER FITNESS GOLD DI KOTA PADANG
Abstract
Dewasa ini banyak orang mulai memperhatikan kesehatan. Tidak mengherankan jika saat ini begitu banyak gerai-gerai seperti fitness center, sanggar senam, serta beragam toko olahraga yang hadir ditengah masyarakat yang berlomba untuk membuat konsumen merasa puas dengan kualitas jasa yang diberikan. Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau asli) terhadap ekspektasi mereka. (Kotler dan keller 2009) pada experiental marketing menyatakan bahwa pemasar menawarkan produk dan jasanya dengan merangsang unsur-unsur emosi konsumen yang menghasilkan berbagai pengalaman bagi konsumen (Schmitt dalam Amir,2007). Sedangkan kualitas diaanggap sebagai ukuran kesempurnaaan sebuah produk atau jasa yang terdiri dari ku alitas desain dan kualitas kesesuaian / conformance quality (Tjiptono & Chandra, 2011).
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh Experiental Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan Fitness Gold di Kota Padang.
Objek penelitian adalah Fitness Gold di Kota Padang. Populasi adalah seluruh member Fitness Gold di Kota Padang. Sampel penelitian berjumlah 138 orang member Fitness Gold di Kota Padang. Teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari penyebaran kuisioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Parsial (Uji-t).
Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variable bebas Experiental Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan member Fitness Gold di Kota Padang secara parsial.
Kata Kunci : Experiental Marketing, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan