FAKTOR-FAKTOR PROMOSI BERBASIS SOCIAL MEDIA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA AROMA KITCHEN PADANG
Abstract
Kehadiran internet ditengah masyarakat membuat akses informasi dan komunikasi sangat terbuka lebar dengan skala global. Banyak hal yang dulunya sulit dalam mendapatkan
informasi, tetapi dengan adanya internet semuanya menjadi lebih mudah dan aksesnyapun sangat cepat. Tidak itu saja, dengan adanya internat jarak bukan lagi masalah untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, baik itu person to person ataupun person to people. Mangold dan Faulds (2009) mengatakan bahwa sosial media merupakan elemen dari bauran promosi. Campbell dan Wright (2010) menyatakan faktor-faktor promosi yang ada di website yaitu personal relevance, interactivity, message dan brand familiarity. Lebih lanjut, Mangold dan Faulds (2009) menyatakan pemasaran dengan strategi promosi melalui internet khususnya dengan social media dapat meningkatkan penjualan secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal.
Objek penelitian adalah konsumen yang berkunjung di Aroma Kitchen Padang yang beralamat di jalan Parupuk Tabing Padang. populasi dari penelitian ini adalah sebanyak
27.427 orang pengunjung Aroma Kitchen Padang jumlah sampel pada penelitian adalah 99.6 dan dibulatkan menjadi sebanyak 100 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Adapun uji yang peneliti lakukan yaitu Analisis Inferensial, Uji Instrumen Penelitian, Uji Asumsi Klasik, Metode Analisis Data, Analisis Deskriptif , Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi (R
2), Uji FUji T-Statistik.
Bedasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disampaikan beberapa kesimpulan penelitian yaitu Personal relevance berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Aroma Kitchen Padang , Interactivity berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Aroma Kitchen Padang , Message berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Aroma Kitchen Padang , Brand Familiarity berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Aroma Kitchen Padang.
Kata Kunci : Personal relevance, Interactivity, Message, Brand Familiarity