FAKTOR-FAKTOR PROMOSI BERBASIS SOCIAL MEDIA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA AROMA KITCHEN PADANG

Authors

  • Farah Adilla Natasya
  • . Lindawati
  • Reni Yuliviona

Abstract

Kehadiran  internet  ditengah masyarakat  membuat  akses  informasi  dan  komunikasi sangat terbuka lebar dengan skala global. Banyak hal yang dulunya sulit dalam mendapatkan
informasi,  tetapi  dengan  adanya  internet  semuanya  menjadi  lebih  mudah  dan  aksesnyapun sangat  cepat.  Tidak  itu  saja, dengan  adanya  internat  jarak  bukan  lagi  masalah  untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, baik itu person to person ataupun person to people. Mangold dan Faulds (2009) mengatakan bahwa sosial media merupakan elemen dari bauran promosi. Campbell dan Wright (2010) menyatakan faktor-faktor promosi yang ada di website yaitu personal relevance, interactivity, message dan brand familiarity. Lebih lanjut, Mangold dan Faulds (2009) menyatakan pemasaran dengan strategi promosi melalui internet khususnya dengan social media dapat meningkatkan penjualan secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal.
Objek penelitian adalah konsumen yang berkunjung di Aroma Kitchen Padang yang beralamat  di  jalan  Parupuk  Tabing  Padang. populasi  dari  penelitian  ini  adalah  sebanyak
27.427 orang pengunjung Aroma Kitchen Padang jumlah sampel pada penelitian adalah 99.6 dan dibulatkan menjadi sebanyak 100 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Adapun uji yang peneliti lakukan yaitu Analisis Inferensial, Uji Instrumen Penelitian, Uji Asumsi Klasik, Metode Analisis Data, Analisis Deskriptif , Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi (R
2), Uji FUji T-Statistik.
Bedasarkan  hasil  penelitian dan  pembahasan  maka  dapat  disampaikan  beberapa kesimpulan  penelitian yaitu Personal  relevance berpengaruh  positif  terhadap  keputusan pembelian konsumen di Aroma Kitchen Padang , Interactivity berpengaruh positif terhadap keputusan  pembelian  konsumen  di Aroma  Kitchen  Padang , Message berpengaruh  positif terhadap  keputusan  pembelian  konsumen  di Aroma  Kitchen  Padang , Brand  Familiarity berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Aroma Kitchen Padang.


Kata Kunci : Personal relevance, Interactivity, Message, Brand Familiarity

Published

2017-07-14