PENGARUH DEVIDEND PAYOUT RATIO, EARNING PER SHARE, ECONOMIC VALUE ADDED, DAN FIRM SIZE TERHADAP PRICE EARNING RATIO
Abstract
Pasar modal memiliki peranan penting dalam menunjang perekonomian suatu negara. Fungsi ekonomis pasar modal adalah untuk menyediakan perpindahan dan fungsi keuangan
agar menyediakan dana. Efisiensi pasar modal selalu dikaitakan dangan penyediaan tersedianya informasi yang dapat mempengaruhi harga sekuritas dipasar modal. Nilai
transaksi (kapitalisasi) yang tinggi mengindikasikan potensi perolehan laba yang tinggi. Disisi lain return atas investasi saham yaitu devidend dan capital gain lebih sulit diprediksi,
sehingga investor harus harus melakukan analisis saham guna memperoleh keuntungan yang diharapkan.
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Devidend Payout Ratio (DPR), Earning Per share (EPS), Economic Value Added (EVA), firm size (ukuran perusahaan terhadap Pice Earning Ratio (PER). Penelitian ini menggunakan sampel 21 perusahaan pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia denga periode penelitian 2011-2015. Teknik pengambilam sampel adalah Sampling jenuh. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder data keuangan diambil dari www.idx.co.id. Metode analisa data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t statistik untuk melihat hasil pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara persial.
Sesuai dengan hasil pengujian normalitas terlihat bahwa masing-masing variabel penelitian yang terdiri dari Price Earning Ratio (PER), Deviden Payout Ratio (DPR),  Earning Per Share (EPS), Economic Value Added (EVA), ukuran perusahaan (SIZE) telah memiliki nilai probability diatas 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel penelitian yang digunakan telah berdistribusi normal sehingga tahapan pengolahan data lebih lanjt dapat segera dilakukan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Devidend Payout Ratio (DPR) dan Earning Per Share (EPS) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER).
Sedangkan Economic Value Added (EVA) dan firm size (ukuran perusahaan) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER). Secara bersama-sama
variabel tersebut variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER).
Kata kunci : Devidend Payout Ratio (DPR), Earning Per Share (EPS), Economic Value Added (EVA), firm size (ukuran perusahaan), Price Earning Ratio (PER)