PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015
Abstract
Corporate Social Responsibility merupakan bentuk komitmen bisnis yang berkelanjutan dari perusahaan, dimana perusahaan selalu berpegangan pada etika dan memberi kontribusi bagi pembangunan ekonomi guna meningkatkan kualitas hidup karyawan. Perusahaan mengungkapkan informasi CSR dapat dilihat dari aspek ekonomi yaitu dapat meningkatkan nilai perusahaan. Dalam hal ini perusahaan menggunakan informasi lingkungan sebagai keunggulan kompetitif agar menarik investor untuk berinvestasi. Investor cenderung akan menanamkan modal pada perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap masalah sosial. Namun, Berdasarkan data di BEI menunjukan bahwa masih banyak perusahaan yang belum melakukan pengungkapan CSR.Teori yang mendasari penelitian ini yaitu teori stakeholder. Teori stakeholder mengatakan bahwa perusahaan bukanlah entitas yang hanya beroperasi untuk kepentingan sendiri namun harus mampu memberikan manfaat bagi stakeholdernya. Sehingga, suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh dukungan yang diberikan oleh stakeholder perusahaan tersebut.
Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat modifikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Data penelitian dianalisa dengan analisis regresi berganda dengan SPSS 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility 2) pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility 3) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility 4) Kepemilikan Manajerial berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility 5) Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility 6) Jenis industri berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Umur Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Likuiditas, , Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Jenis Industri
Downloads
Published
2017-07-14