PERBEDAAN GAYA HIDUP KONSUMEN DALAM MEMILIH SALON (STUDI KASUS SALON MUSLIMAH BEAUTY CARE SAP CENTRE DAN SALON RIRIN PADANG)
Abstract
Saat ini banyak bermunculan bisnis jasa salon kecantikan yang cukup bersaing, sehingga untuk memulai bisnis usaha salon kecantikan tidaklah mudah. Maka perlu berbagai usaha agar tujuan yang telah direncanakan tercapai dengan baik. Syarat yang harus dipenuhi pelaku bisnis agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. pengunjung ke salon Muslimah ini hampir sama banyaknya wanita yang berhijab dengan tidak berhijab.
Dilihat dari pengunjung tersebut karena salon Muslimah hanya mementingkan kepuasan konsumen dan menjaga kepercayaan konsumen agar tetap menggunakan jasa perawatan salon muslimah. Karena salon Muslimah tidak dipandang dari segi wanita behijab maupun tidak berhijab. Dimana salon ini merupakan salah satu salon islami di kota Padang.
Keputusan pembelian adalah tahap di mana pembeli telah menentukan pilihannya dalam melakukan pembelian produk atau jasa. Pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk diawali oleh adanya kesadaran atas kebutuhan dan keinginan menurut (Suharno, 2010:96). Gaya hidup (lifestyle) adalah pola hidup seseorang di dunia yang tercermin dalam kegiatan, minat, dan pendapat. Gaya hidup memotret hubungan antara produk mereka mereka dan kelompok gaya hidup menurut (Kotler & Keller : 2009).
Objek penelitian pada konsumen yang mengunjugi salon Muslimah Beauty Care Spa Centre dan salon Ririn Padang. Teknik pengambilan sample adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-Test.
Berdasarkan hasil penelitian yang dapat dikemukakan, bahwa dari hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan gaya hidup antara konsumen salon Muslimah dengan konsumen salon Ririn.
Kata kunci : Gaya hidup, Aktivitas, Minat, Opini, Keputusan Pembelian