PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA OBJEK WISATA LEMBAH HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Authors

  • Frenky Juanda
  • Dahnil Djohar
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu penghasil devisa terbesar bagi suatu negara atau daerah. Untuk menarik banyak wisatawan yang datang, maka diperlukan strategi bauran pemasaran yang tepat sehingga penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada objek wisata Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.

Suryadana dan Octavia (2015: 179) mengatakan keputusan berkunjung pada konteks pariwisata diadaptasi dari konsep keputusan pembelian, dan faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan berdasarkan teori baauran pemasaran pariwisata yang dikenal dengan 7P meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan sarana fisik. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung pada objek wisata Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Sampel penelitian ini berjumlah 138 orang wisatawan.

Pada penelitian ini digunakan dua kategori variabel, Pertama variabel dependen yaitu keputusan berkunjung wisatawan dan variabel independen yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan sarana fisik. Proses pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi lapangan (field research) yaitu dengan menyebarkan kuesioner penelitian.
Metode analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pengujian t-statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat lima variabel independen yaitu produk, tempat, promosi, orang, dan sarana fisik berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada objek wisata Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, sedangkan dua variabel independen lainnya yaitu harga dan proses tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada objek wisata Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa, Keputusan Pembelian, Lembah Harau

Published

2017-07-14