PENGARUH CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DISTRO KAPUYUAK BUKITTINGGI
Abstract
Distro kapuyuak merupakan distro yang berdiri pada bulan Agustus 2010 dengan tagline “kaos unik raso minang†produk Kapuyuak sendiri berupaya mengangkat nilai-nilai budaya minangkabau yang begitu dinamis, salah satu keunikan distro Kapuyuak terletak pada desainnya yang unik dan menarik yang memberikan kesan yang berbeda dari distro lain yang menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda mulai dari remaja hingga kalangan dewasa, di distro kapuyuak juga menjual berbagai macam produk dan atribut lain.
Distro kapuyuak bukanlah distro khas minang pertama yang berada di Bukittinggi. Keputusan pembelian menurut Kotler dan Keller (2009) merupakan suatu proses penyelesaian masalah yang terdiri dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternative, keputusan pembelian, dan prilaku setelah pembelian faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen dalam membeli adalah kebudayaan, social, pribadi, psikologis. Sebagian faktor-faktor tersebut tidak diperhatikan oleh pemasar tetapi sebenarnya harus diperhitungkan untuk mengetahui seberapa jauh faktor-faktor prilaku konsumen tersebut mempengaruhi pembelian konsumen.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh citra merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian, penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang melakukan pembelian di Distro Kapuyuak Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa konsumen lebih memperhatikan citra merek dan kesadaran merek dalam melakukan keputusan pembelian di Distro Kapuyuak Bukittinggi, dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut, Citra merek dan kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Distro Kapuyuak Bukittinggi, Disisi lain perusahaan harus lebih memahami dan mempertahankan citra merek dan kesadaran merek dari produk Distro Kapuyuak Bukittinggi.
Kata Kunci: Citra Merek, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian.