PENGARUH HARGA, CELEBRITY ENDORSER DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB ZOYA
Abstract
Zoya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Muslim
fashion, tercipta pada tahun 2005 sebagai alternative busana muslim. Hijab Zoya menjadi “Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2016†yang digelar lembaga riset Mars dan Majalah SWA. Dalam hasil survey “Indonesia Best Brand Award
(IBBA) 2016†Zoya menjadi merek yang terbaik di Indonesia. Berdasarkan
survey yang dilakukan kepada mahasiswi Universitas Bung Hatta ternyata masih
ada konsumen yang berpendapat negative terhadap Hijab Zoya.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis dan membuktikan
secara empiris pengaruh Harga, Celebrity Endorser dan Citra Merek terhadap
Keputusan Pembelian Hijab Zoya. Keputusan Pembelian merupakan proses
pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua
atau lebih perilaku alternative dan memilih salah satu diantaranya.
Hasil dari proses pengintegrasian ini ialah suatu pilihan (choice) yang disajikan secara kognitif sebagai keinginan berperilaku (Setiadi, 2003). (Kotler dan Keller, 2009) menyatakan Harga sebagai sejumlah uang yang dibayarkan atas barang dan jasa, atau sejumlah nilai yang konsumen tukarkan dalam rangka mendapatkan manfaat dari memiliki atau menggunakan barang dan jasa. Celebrity Endorser adalah seorang pribadi baik itu aktor, artis maupun atlit yang dikenal masyarakat dan menjadi pujaan, karena prestasinya di suatu bidang dan digunakan dalam menyampaikan pesan iklan yang dimaksudkan untuk menarik perhatian sehingga mempengaruhi konsumen sasaran (Shimp, 2003). (Shimp, 2003) mengatakan Citra merek dapat dianggap sebagai jenis asosiasi yang muncul di benak konsumen ketika mengingat sebuah merek tertentu.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan
jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisa
menggunakan analisa deskriptif, analisa regresi berganda dan uji t statistic.
Hasil penelitian menemukan bahwa Harga dan Celebrity Endorser tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Hijab Zoya. Citra merek
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Hijab Zoya.
Maka dapat disimpulkan bahwa hanya Citra merek berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian Hijab Zoya, maka dari itu perusahaan
disarankan menjaga citra dan pandangan kosumen terhadap Hijab Zoya supaya
citra merek dari Hijab Zoya semakin kuat posisinya di pikiran konsumen.
Kata kunci: Harga, Celebrity Endorser dan Citra Merek dan Keputusan