PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR) MEREK SERVVO DI KOTA PADANG (STUDI KASUS CV. YODERI ABBY PUTRA)
Abstract
Kebakaran merupakan suatu hal yang sangat menakutkan, terutama bagi rumah rumah yang menggunakan alat bakar untuk memasak menggunakan gas sebagai alat pembakar mereka. Industri rumah tangga pada umumnya masih belum memiliki alat pemadam api ringan (APAR) yang di sediakan di tempat usaha sendiri. Kesadaran masyarakat yang rendah terhadap kepemilikan racun api merupakan pekerjaan umum yang harus disosialisasikan oleh pemerintahan yang terkait untuk menekan angka kebakaran di kota, salah satu merek alat pemadam kebekaran (APAR) yang banyak dimiti di Kota Padang adalah merek Servvo.
Bauran pemasaran adalah kumpulan alat pemasaran terkendali yang memadukan perusahaan untuk menghasikan respon yang diinginkan di pasarsasaran, bauran pemasaran terdiri atas segala sesuatu yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya. Kemungkinan itu dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok variabel yang
dikenal dengan 4P yaitu product, price, place dan promotion.
penelitian ini menguji mengenai pengaruh pengaruh marketing mix (product, price, place dan promotion) terhadap keputusan pembelian, penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang pernah membeli alat pemadam api ringan (APAR) merek Servvo di Kota Padang.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa distribusi (place)berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian alat pemadam api ringan (APAR) merek Servvo di Kota Padang, sedangkan produk (product), harga (price) dan promosi (promotion) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian alat pemadam api ringan merek Servvo dikota Padang.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk, harga dan promosi menjadi pertimbangan komsumen dalam melakukan pembelian alat pemadam api ringan (APAR) merek Servvo di Kota Padang, namun disisi lain terbatasnya pendistribusian dari perusahaan mengakibatkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) di Kota Padang. Perusahaan haruslebihmemahami dan dan mempertimbangkan keadaan pasar untuk dalam pendistribusian barang untuk meningkatkan keputusan pembelian.
Kata kunci : Produk, Harga, Distribusi, Promosi dan Keputusan Pembelian
Â