PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AIR MINERAL DALAM KEMASAN MEREK AQUA DI KOTA PADANG
Abstract
Dalam menyongsong era globalisasi pada saat ini yang berjalan dengan pesat dalam menciptakan suatu persaingan yang semakin ketat. Persaingan antar perusahaan pada masa kini bukan lagi berorientasi pada cara meningkatkan volume penjualan, tetapi lebih berorientasi bagaimana memuaskan kebutuhan pelanggan. Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat mencapai sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan.
Memuaskan kebutuhan pelanggan adalah keinginan setiap perusahaan. Selain penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan pelanggan dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Cara yang paling sederhana untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah langsung menanyakan kepada pelanggan seberapa puas mereka dengan produk atau pelayanan spesifik tertentu, kepuasan pelanggan diukur secara behavioral dengan jalan menanyakan apakah pelanggan akan berbelanja atau menggunakan pelayanan perusahaan lagi.
penelitian ini menguji mengenai pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan air mineral dalam kemasan merek Aqua di Kota Padang. penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 132 orang responden yang pernah membeli air mineral dalam kemasan merk Aqua di Kota Padang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan air mineral dalam kemasan merek Aqua di Kota Padang, sedangkan Kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan air mineral dalam kemasan merek Aqua di Kota Padang.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas produk dan citra merek menjadi pertimbangan komsumen dalam melakukan pembelian air mineral dalam kemasan merek Aqua di Kota Padang, namun disisi lain kurangnya informasi dari perusahaan mengenai harga mengakibatkan menurunnya kesadaran konsumen untuk mendapatkan air mineral dalam kemasan yang berkualitas. Perusahaan harus lebih memahami dan mempertimbangkan kebutuhan dari konsumen demi tercapainya kepuasan pelanggan.
Kata kunci : Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra merek dan Kepuasan Konsumen