PENGARUH KUALITAS INFORMASI MANAJEMEN, TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

Authors

  • Erni Dini
  • Dwi Fitri Puspa
  • . Yunilma

Abstract

Kinerja manajerial merupakan kemampuan atau prestasi kerja yang telah di capai oleh para personil atausekelompok orang dalam suatu organisasi, untuk melaksanakan fungsi, tugas dan tanggung jawab mereka dalam menjalankan operasional perusahaan .Seseorang yang memegang posisi manajerial diharapkan mampu menghasil kankinerja manajerial yang berbeda dengan kinerja karyawan.Pada umumnya kinerja karyawan bersifat konkrit, sedangkan kinerja manajerial bersifat kompleks.
Penelitian ini menggunakan teori agensi yang menjelaskan bahwa hubungan keagenan sebagai suatu perjanjian atau kontrak antara pricipal dan agen. Teori agensi memiliki asumsi bahwa tiap-tiap individu semata-mata termotivasi oleh kepentingan dirinya sendiri sehingga menimbulkan konflik kepentingan antara principal dan agen. Hubungan ini tidak selalu harmonis dan memang teori keagenan berkaitan dengan konflik agensi, atau konflik kepentingan antara agen dan pelaku.Teoriagensi juga menggambarkan bahwa antara principal dan agen memiliki kepentingan yang berbeda sehingga akan munculkonflikdi antara mereka.
Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat modifikasi.Populasi dalam penelitian ini adalah Bank BUMN di Kota Bukittinngi tahun 2016. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling, sehingga didapatkan jumlah sebanyak 44 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dimana kuesioner langsung di berikan kepada responden.
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh kualitas informasi manajemen, teknologi informasi dan sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial. Kinerja manajerial sebagai variabel dependen dari penelitian ini akan di ukur dengan menggunakan skala likert. Variabel independen dari penelitian ini terdiri dari kualitas informasi manajemen, teknologi informasi dan sistem pengendalian manajemen juga diukur menggunakan skala likert.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) kualitas informasi manajemen berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, 2) teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial, dan 3) sistem pengendalian manajemen berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial.
Kata kunci :
kinerja manajerial, kualitas informasi manajemen, teknologi informasi, sistem pengendalian manajemen

Published

2017-07-14