PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET C.S MART PARIAMAN
Abstract
Keputusan pembelian merupakan keinginan dari konsumen untuk mewujudkan
hasrat atau keinginannya terhadap suatu produk dengan melakukan aktivitas tertentu. keputusan pembeli tidak hanya berakhir dengan pembelian, namun berlanjut hingga pembelian tersebut menjadi pengalaman bagi konsumen dalam menggunakan produk yang dibeli tersebut. keragaman produk merupakan berbagai jenis barang yang ditawarkan penjual kepada pembeli. lokasi merupakan tempat di mana perusahaan harus bermarkas melakukan
operasi.
Pemilihan lokasi mempunyai fungsi yang strategis karena dapat ikut menentukan tercapainya tujuan badan usaha. Fasilitas merupakan sumberdaya fisik yang ada sebelum suatu jasa dapat ditawarkan kepada konsumen.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kotler dan Keller. Menurut Kotler dan Keller menyatakan banyaknya jumlah barang yang beredar di pasar menunjukkan tingkat kebutuhan dan permintaan konsumen yang harus segera dipenuhi oleh perusahaan, semakin beragam produk yang dipasarkan dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membelinya.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden pada minimarket C.S Mart Pariaman. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda namun terlebih dahulu data harus melewati Uji Asumsi Klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: Keragaman Produk, Lokasi, Fasilitas dan Keputusan Pembelian