PENGARUH GREEN PRODUCT DAN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO THE BODY SHOP BASKO GRAND MALL PADANG

Authors

  • Putri Maurisni
  • Dahliana Kamener
  • Mery Trianita

Abstract

Kesadaran konsumen terhadap dampak lingkungan dari konsumsi seharihari
berdampak pada meningkatnya kebutuhan terhadap produk hijau (green
product) dalam memenuhi kebutuhan mereka, begitu juga kebutuhan akan produk kosmetik. Terkait dengan pemilihan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan, keputusan konsumen merupakan proses pemecahan masalah dalam memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa. Konsumen yang cerdas tentunya akan memilih produk yang tidak merusak lingkungan (green product) produk yang pengolahannya menggunakan teknologi yang tidak merusak lingkungan serta produknya yang mengandung bahan alami dan aman.

Penelitian ini menguji mengenai Pengaruh Green Product dan Price
Terhadap Keputusan Pembelian di Toko The Body Shop Basko Grand Mall
Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli
dan menggunakan produk di Toko The Body Shop Basko Grand Mall Padang.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 138 Responden. Uji hipotesis menggunakan uji koefisien dterminasi (R2), uji kelayakan model (uji F) dan uji t-tes.

Berdasarkan hasil penelitian ini menemukan bahwa variable green product
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko The
Body Shop Basko Gand Mall Padang, dan variable price berpengaruh positife dan
signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko The Body Shop Basko Grand
Mall Padang.

Hasil tersebut menyatakan bahwa variable green product dan price menjadi
alasan konsumen dalam memilih product kosmetik di Toko The Body Shop Basko
Grand Mall Padang, maka perusahaan hendaknya terus berinovasi untuk produk
ramah lingkungan.

Kata Kunci : Green Product, Price dan Keputusan Pembelian

Published

2017-07-14