PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA PADANG

Authors

  • Muhammad Taufik
  • Dahliana Kamener
  • . Lindawati

Abstract

Sepeda motor telah menjadi sebuah kebutuhan yang memiliki multi fungsi, khusus sebagai alat transportasi untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Kemajuan teknologi telah mendorong sejumlah produsen sepeda motor untuk menciptakan berbagai merek produk modern yang canggih. Keadaan tersebut mendorong sejumlah produsen sepeda motor terkemuka dunia selalu melakukan proses inovasi. Salah satu negara yang menjadi tujuan pasar berbagai merek sepeda motor dunia adalah Indonesia pada umumnya dan Kota Padang pada khususnya.

Penelitian ini menguji mengenai pengaruh kualitas produk,harga dan daya tarik iklan terhadap minat beli sepeda motor Honda di kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 orang pengguna sepeda motor Honda di kota Padang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk, harga dan daya tarik iklan berpengaruh terhadap minat beli sepeda motor Honda di kota padang.

Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap minat beli sepeda motor honda di Kota Padang. Berdasarkan hasil uji hipotesis kedua dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap minat beli di Kota Padang. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap minat beli bahwa daya tarik iklan berpengaruh terhadap minat beli sepeda motor di kota Padang.

Berdasarkan hasil tersebut pihak dari sepeda motor Honda sebaiknnya meningkatkan perhatian terhadap kualitas produk, harga dan daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen memakai sepeda motor karena dari hasil penelitian ini terbukti bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dalam membeli sepeda motor di Kota Padang.

Kata kunci : Kualitas produk, Harga dan Daya Tarik Iklan

Published

2017-07-14