ANALISIS FAKTOR LOKASI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MENGINAP DI THE SRIWIJAYA HOTEL PADANG

Authors

  • Ikrar Vebri
  • Yulihar Mukhtar
  • Ice Kamela

Abstract

Industri perhotelan adalah industri jasa yang memadukan antara produk dan
layanan. Desain bangunan, interior dan eksterior kamar hotel serta restoran, suasana yang tercipta di dalam kamar hotel, restoran serta makanan dan minuman yang dijual beserta keseluruhan fasilitas yang ada merupakan contoh produk yang dijual. Sedangkan layanan yang dijual adalah keramah-tamahan dan ketrampilan staff/karyawan hotel dalam melayani pelanggannya. Dahulu fungsi hotel hanya sebagai tempat bermalam bagi konsumen yang melakukan perjalanan bisnis atau wisata dan tidak memiliki relasi di tempat tujuan.Namun, seiring dengan berjalannya waktu, fungsi hotel mengalami peningkatan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor lokasi, harga, dan kualitas
pelayanan terhadap keputusan memilih menginap di The Sriwijaya Hotel Padang. Pada penelitian ini digunakan teori keputusan pembelian hingga faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang meliputi lokasi, harga dan kualitas pelayanan.

Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu variable dependen dan independen. Variabel dependen penelitian ini yaitu keputusan memilih menginap sementara variable independen terdiri dari lokasi, harga dan kualitas pelayanan. Proses pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi lapangan dengan cara menyebarkan kuesioner penelitian.

Populasi dari penelitian ini adalah tamu yang memilih menginap di The Sriwijaya Hotel. Ukuran sampel yang digunakan berjumlah 138 orang yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan terdiri dari dua model yaitu analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan program Smart PLS.

Berdasarkan hasil pengujian SEM (Structural Equational Modeling) dengan
menggunakan Smart PLS maka dapat disimpulkan bahwa lokasi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih menginap di The Sriwijaya Hotel Padang. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih menginap di The Sriwijaya Hotel Padang. Pemilik hotel disarankan untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sehingga pelanggan merasa nyaman dan nantinya akan memilih untuk menginap kembali di The Sriwijaya Hotel Padang.

Kata Kunci : Lokasi, Harga, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian

Published

2017-07-15