ANALISIS PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, FIRM SIZE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (PBV) PADA PERUSAHAAN BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Suatu Perusahaan tentunya bertujuan untuk mensejahterakan para pemegang saham atau para pemilik perusahaan. Sehingga para investor ataupun kreditur lain juga tertarik untuk menanamkan modalnya ataupun memberikan pinjaman pada perusahaan. Tentunya untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah para menejer dituntut harus mampu menganalisis data keuangan dan dapat mengambil jalan yang tepat untuk perusahaan agar lebih baik lagi. Keputusan yang tepat dapat meningkatkan nilai perusahaan sehingga kemakmuran pemegang saham juga dapat terwujud. Meningkatnya nilai perusahaan merupakan presatasi bagi perusahaan karena dengan meningkatnya nilai perusaaan kesejahteraan pemilik juga akan meningkat.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh Growth Opportunity, Firm Size dan Corporate Social Resonsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (PBV) Pada Perusahaan Batu Bara yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 14 perusahaan yang di dapat dari IDX, dengan periode penelitian dari tahun 2012-2015.
Penelitian ini menggunakan satu variabel dependen yaitu Nilai Perusahaan dan tiga varabel independen yaitu growth opportunity, firm size dan corporate social responsibility (CSR) . Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang diolah dengan program Eviews 8.0.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa Growth Opportunity tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV), Firm Size signifikan negatif terhadap Nilai Perusahaan (PBV) dan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV)
Kata Kunci : Growth Opportunity, Firm Size, Corporae social Responsibility (CSR) dan Nilai Perusahaan