PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PRODUK SKIN CARE ORIFLAME DI KOTA PADANG

Authors

  • Yona Prastisia
  • Rika Desiyanti
  • Mery Trianita

Abstract

Loyalitas konsumen merupakan faktor yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pemasar. Imbalan dari loyalitas bersifat jangka panjang dan kumulatif, semakin lama loyalitas seorang konsumen semakin besar pula laba yang didapat dari konsumen itu, sebaliknya beralihnya konsumen dapat merugikan perusahaan karena biaya untuk melayani dan menjual barang ke konsumen lama lebih rendah dibandingkan dengan konsumen baru.

Penelitian ini menguji mengenai pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas konsumen pada produk skin care oriflame di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 138 orang responden. Analisis estimator pengujian hipotesis menggunakan SPSS statistics 17.0.

Penelitian ini menggunakan satu variabel dependen yaitu loyalitas konsumen dan dua variabel independen yaitu kualitas produk dan citra merek. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS statistics 17.0.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen produk skin care oriflame di Kota Padang. Citra Merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk skin care oriflame di Kota Padang.

Kata kunci : Kualitas Produk, Citra Merek dan loyalitas Konsumen.

Published

2017-07-15