ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN MEMBER PT. D’MAX FITNES CENTER MANDIRI DI KOTA PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan member di PT. D’max fitnes di Kota Padang. Kesehatan yang merupakan kebutuhan jasmani tidak mungkin terpenuhi dengan baik tanpa ada aktivitas fisik atau olahraga. Oleh karena itu, sekarang ini terutama di kota-kota besar para karyawan dari perusahaan-perusahaan banyak yang mengeluh sakit, capek, dan lelah. Banyak dari para karyawan yang berusaha meluangkan waktu untuk berolahraga. Melihat kondisi ini, beberapa pakar baik di bidang olahraga, ekonomi, maupun bidang lainnya dituntut untuk menjawab masalah kurangnya aktivitas gerak manusia tersebut
Sesuai umum variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian dapat dikelompokan menjadi dua kelompok utama.
Variabel pertama adalah dependen yaitu kepuasan member PT. D’max fitnes di Kota Padang. Variabel kedua adalah independen yang terdiri dari kualitas pelayanan dan citra perusahaan. Metode analisis yang peneliti gunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah analisis regresi berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan dengan menggunakan bantuan program SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS ditemukan bahwa kualitas pelayanan, dan citra perusahaan secara individual berpengaruh signifikan terhadap kepuasan member PT. D’max fitnes di Kota Padang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan berpengaruh sangat besar terhadap kepuasan member D’max fitness di kota Padang. Hal ini mengandung implikasi bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan memiliki peranan yang sangat penting bagi terciptanya kepuasaan member, karena kualitas pelayanan dan citra perusahaan merupakan faktor-faktor terciptanya Kepuasaan member dan diharapkan selanjutnya dapat meningkatkan profit D’max fitness Kota Padang.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, dan Kepuasan