PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMAKAI BAN SEPEDA MOTOR MEREK MIZZLE PADA ZONA BAN DI KOTA PADANG

Authors

  • . Jaril
  • Dahliana Kamener
  • Mery Trianita

Abstract

PT. Banteng Pratama Rubber memperkenalkan Ban Mizzle pertama kali yang meracik ban tubless secara local (tipeM700) pada tahun 1992. Gebrakan terus dilakukan lewat peluncuran ban baru seperti Power VTX ban spesialis hujan/jalan basah serta Super Sport yang merupakan ban khusus Racing dan Road Race. Pada tahun 2008 Mizzle mengeluarkan 4 produk baru untuk ukuran 17†diantaranya M89, M88, Vetra dan Draco, selain kualitas produk hal yang harus diperhatikan perusahaan dalam membentuk loyalitas pelanggan adalah kualitas produk, citra merek dan harga perusahaan harus mampu menciptakan sesuatu yang berbeda karena perusahaan di tuntut untuk memiliki citra merek. Brand Image merupakan persepsi konsumen tentang suatu merek sebagai refleksi dari asosiasi merek yang dapat pikiran konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh Kualitas produk, citra merek dan Harga terhadap loyalitas konsumen memakai ban sepeda motor merek mizzle pada zona ban di kota padang. Ukuran sampel yang digunakan berjumlah 80 orang responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada target responden yang memenuhi kriteria.

Sesuai umum variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian dapat dikelompokan menjadi dua kelompok utama. Variabel pertama adalah dependen yaitu loyalitas konsumen memakai ban sepeda motor merek mizzle pada zona ban di kota Padang. Variabel kedua adalah independen yang terdiri dari kualitas produk, citra merek dan harga. Metode analisis yang peneliti gunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah analisis regresi berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan dengan menggunakan bantuan program SPSS.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek, dan harga berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen memakai ban sepeda motor merek mizzle pada zona ban di kota padang.

Kata Kunci : kualitas produk, citra merk dan harga, loyalitas konsumen

Published

2017-07-15